Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kepala BKN Ungkap Kriteria ASN yang Dibutuhkan Saat Ini

Sabtu, 07 Januari 2023 – 21:51 WIB
Kepala BKN Ungkap Kriteria ASN yang Dibutuhkan Saat Ini - JPNN.COM
Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengungkapkan sejumlah kriteria aparatur sipil negara (ASN) yang dibutuhkan. Foto: Ilustrasi/ANTARA FOTO/ Nova Wahyudi

jpnn.com, JAKARTA - Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengungkapkan sejumlah kriteria aparatur sipil negara (ASN) yang dibutuhkan.

Saat ini memiliki digital mindset menjadi syarat mutlak seorang ASN dalam menjalankan transformasi birokrasi dan manajemen ASN.

Hal itu menurutnya terkait dengan perubahan pola kerja tatanan baru, di mana pekerjaan birokrasi juga sudah beralih ke digital based dan struktur organisasi juga sudah mulai bertransformasi dari bentuk hierarki menjadi koordinasi.

“Untuk menjawab kebutuhan masa depan reformasi birokrasi, tidak bisa hanya berfokus pada fundamental proses bisnis saja, tetapi digital mindset menjadi syarat mutlak bagi para SDM-nya,” terangnya dikutip dari laman BKN, Sabtu (7/1)

Bima juga mengungkapkan perubahan teknologi yang terus berlangsung akan berdampak pada banyaknya jenis pekerjaan yang akan hilang. Unsur tatanan kerja akan menjadi lebih fleksibel dan setiap orang bisa bekerja di mana saja. 

Namun menurutnya di sisi lain, masih banyak jenis pekerjaan di sektor pemerintah yang tidak bisa dilakukan secara remote, seperti SDM pada bagian frontliner, sektor kesehatan, keamanan dan sektor lainnya yang harus berinteraksi secara langsung dengan publik. 

Untuk itu, selain waktu bekerja yang lebih fleksibel, birokrasi dan manajemen ASN ke depan juga membutuhkan kompetensi yang mendukung transformasi birokrasi. Mulai dari kemampuan teknologi, literasi digital,critical thinking, self-management, interpersonal skills dan leadership.

Dengan transformasi birokrasi yang bergulir saat ini, BKN sebagai pengelola manajemen ASN telah melakukan pengembangan talenta kepemimpinan berbasis profil atau klaster ASN yang dibagi menjadi empat.

Kepala BKN menyebutkan sejumlah kriteria ASN yang dibutuhkan saat ini, Anda termasuk?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close