Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kepala BPIP Bekali Pasis Dikreg LXII Seskoad Agar Memahami Makna Salam Pancasila

Selasa, 13 September 2022 – 22:51 WIB
Kepala BPIP Bekali Pasis Dikreg LXII Seskoad Agar Memahami Makna Salam Pancasila - JPNN.COM
Kepala BPIP Prof Yudian Wahyudi membekali Pasis Dikreg LXII Seskoad dengan pemahaman makna salam Pancasila di Gedung Jenderal Gatot Soebroto, Bandung, Senin (12/9). Foto: Dokumentasi BPIP

jpnn.com, BANDUNG - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof Yudian Wahyudi mengenalkan salam Pancasila sebagai salam kebangsaan saat memberikan pembekalan kepada Perwira Siswa Pendidikan Reguler (Pasis Dikreg) LXII Seskoad 2022 di Gedung Jenderal Gatot Soebroto, Bandung, Senin (12/9).

Peserta yang menghadiri kegiatan tersebut terdiri dari 241 pasis TNI AD, 2 pasis TNI AL, 2 pasis dari TNI AU, serta 19 pasis Polri.

"Salam Pancasila adalah salam kebangsaan. Salam Pancasila bukan salam untuk mengganti salam agama. Salam Pancasila adalah jembatan antaragama sebagai salam pemersatu," kata Prof Yudian saat membuka ceramah.

Kepala BPIP Bekali Pasis Dikreg LXII Seskoad Agar Memahami Makna Salam Pancasila

Kepala BPIP Prof Yudian Wahyudi saat memberikan ceramah pada acara pembekalan Pasis Dikreg LXII Seskoad 2022. Foto: Dokumentasi Humas BPIP

Pada pembekalan yang bertajuk 'Pembumian Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara', Prof Yudian menjelaskan negara bukanlah entitas yang ajeg (immutable) yang tidak akan pernah berubah.

“Negara bisa berubah batas wilayah atau bahkan bubar. Yugoslavia dan Uni Soviet adalah contoh. Kita pernah kehilangan Timor Leste," terangnya.

Prof Yudian mengungkapkan ada kondisi-kondisi tertentu yang akan memengaruhi legitimasi dan kedaulatan Indonesia.

Kondisi tersebut bisa terbagi ke dalam dua bagian, yakni sebagai tantangan eksternal (geopolitik global) dan tantangan internal.

Kepala BPIP Prof Yudian Wahyudi membekali Pasis Dikreg LXII Seskoad dengan pemahaman mengenai makna salam Pancasila

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close