Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kepala BSKDN Ingatkan Pemda Dukung Pelaksanaan Pemilu & Pilkada Serentak 2024

Senin, 10 Juli 2023 – 21:58 WIB
Kepala BSKDN Ingatkan Pemda Dukung Pelaksanaan Pemilu & Pilkada Serentak 2024 - JPNN.COM
Kepala BSKDN Kemendagri Yusharto Huntoyungo bersama peserta Rakor Gubernur dengan Bupati/Wali Kota serta Camat se-Provinsi Riau, di Pekanbaru, Senin (10/7). Foto: Humas BSKDN

jpnn.com - PEKANBARU - Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri Kementerian Dalam Negeri (BSKDN Kemendagri) Yusharto Huntoyungo mengingatkan seluruh pemerintah daerah (Pemda) dari tingkat provinsi, kabupaten/kota, hingga tingkat kecamatan dan kelurahan untuk mendukung penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada serentak 2024.

Kepala BSKDN Kemendagri Yusharto Huntoyungo menyampaikan pesan tersebut saat menghadiri Rapat Koordinasi Gubernur dengan Bupati/Wali Kota serta Camat se-Provinsi Riau, di Pekanbaru, Senin (10/7).

Yusharto menyebutkan sejumlah indikator yang dapat dipakai untuk mengukur keberhasilan Pemilu.

Antara lain Pemilu berlangsung aman dan lancar sesuai aturan yang berlaku; tingginya partisipasi pemilih; tidak terjadi konflik yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa terutama konflik kekerasan; hingga pemerintahan yang ada tetap berjalan lancar baik di tingkat pusat maupun daerah.

"Keberhasilan Pemilu dan Pilkada serentak 2024 sangat dipengaruhi oleh kesiapan pemerintah daerah sampai tingkat kecamatan dan desa. Mulai dengan memastikan validitas dan pembaruan data pemilih hingga menjamin keamaan dan ketertiban sepanjang proses Pemilu dan Pilkada berlangsung," kata Kepala BSKDN Yusharto Huntoyungo.

Sejalan dengan itu, lanjut Yusharto, untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu dan Pilkada 2024 dapat dilakukan dengan mengoptimalisasi peran camat melalui sejumlah upaya.

Antara lain mengoptimalkan peran camat sebagai stakeholder untuk melakukan sosialisasi tahapan Pemilu kepada masyarakat.

Camat juga dapat melakukan sosialisasi untuk melawan hoaks dan disinformasi tentang Pemilu 2024.

Kepala BSKDN Kemendagri Yusharto Huntoyungo mengatakan, keberhasilan Pemilu dan Pilkada serentak 2024 sangat dipengaruhi oleh kesiapan pemda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close