Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kepala Daerah Mulai Menjerit, Minta Pasokan Batu Bara ke PLN Diamankan

Kamis, 13 Januari 2022 – 06:45 WIB
Kepala Daerah Mulai Menjerit, Minta Pasokan Batu Bara ke PLN Diamankan - JPNN.COM
Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru bakal mengirimkan surat ke Presiden Joko Widodo untuk mengingatkan pentingnya menjaga pemenuhan kebutuhan bahan bakar pembangkit PLN. Foto Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru bakal mengirimkan surat ke Presiden Joko Widodo untuk mengingatkan pentingnya menjaga pemenuhan kebutuhan bahan bakar pembangkit PLN.

“Saya ingin memberikan masukan, jangan sampai ada kebutuhan dasar (batu bara, red) justru tidak terpenuhi seperti mati kita ini di lumbung padi,” ujar Herman Deru disela-sela kegiatan operasi pasar di Pasar Alang-Alang Lebar, Palembang, Rabu (13/1).

Dia meminta Presiden Jokowi tegas mengenai aturan ekspor batu bara demi terjaganya ketahanan energi nasional.

“Jangan batu bara itu lebih banyak diekspor, dibandingkan untuk dalam negeri sendiri. Sebaiknya dibuatkan kuota ekspornya,” katanya.

Herman mengatakan walau kebijakan tersebut berada di ranah pemerintah pusat, namun, sebagai daerah penghasil batu bara, dia merasa penting untuk mengingatkan persoalan kebijakan ekspor.

"Apalagi, Sumsel adalah lumbung energi nasional karena di sini terdapat sejumlah pembangkit tenaga listrik PLN dan areal pertambangan batu bara," ungkapnya.

Sumsel diperkirakan memiliki 22,2 miliar ton batu bara yang bisa memenuhi kebutuhan energi nasional hingga 100 tahun mendatang.

Di daerah ini juga berdiri BUMN pertambangan batu bara PT Bukit Asam dengan target produksi 37 juta ton pada 2022.

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru bakal mengirimkan surat ke Presiden Joko Widodo untuk mengingatkan pentingnya menjaga pemenuhan kebutuhan bahan bakar pembangkit PLN.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close