Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kerap Makan Es Krim Bisa Picu Kolesterol Tinggi?

Jumat, 01 Maret 2019 – 17:09 WIB
Kerap Makan Es Krim Bisa Picu Kolesterol Tinggi? - JPNN.COM
Es Krim. Foto: Pixabay

jpnn.com - Umumnya, saat membicarakan soal kolesterol tinggi, mungkin Anda akan menuduh makanan cepat saji, nasi padang, dan makanan berat lainnya sebagai biang keroknya. Padahal, hidangan dingin manis nan nikmat seperti es krim juga bisa berkontribusi meningkatkan kadar kolesterol.

Selama ini es krim hanya dikaitkan dengan masalah kerusakan gigi, flu, dan diabetes. Namun, menurut dr. Kartika Mayasari kepada KlikDokter, es krim juga bisa menjadi pemicu tingginya kadar kolesterol jahat Anda.

Bahaya terlalu banyak makan es krim

Es krim sendiri terbuat dari susu tinggi lemak yang dicampur dengan banyak gula serta tambahan lainnya seperti pewarna, perisa, ataupun ekstrak buah. Susu tinggi lemak itulah yang akhirnya bisa menyumbang kadar lemak jenuh di dalam tubuh. Akibatnya kolesterol jahat (LDL) meningkat dan berujung pada terbentuknya plak aterosklerosis pada pembuluh darah.

“Nah, plak ini yang akhirnya berperan pada terjadinya stroke dan serangan jantung.” dr. Kartika menegaskan.

Di sisi lain, menurut United State Department of Agriculture (USDA), Amerika Serikat memproduksi 1,55 miliar galon es krim pada tahun 2007. Dan makanan tersebut menjadi makanan yang sering dikonsumsi 90 persen rumah tangga Amerika. Padahal, dalam satu cangkir es krim saja terdapat lemak jenuh yang besarnya hampir dua kali lipat donat gula dan hamburger.

Bisa terbayang, kan, betapa banyaknya kandungan lemak di dalam es krim? Tak cuma lemak sebenarnya, gula yang terkandung di dalamnya juga cenderung melimpah, sehingga juga berisiko menyebabkan lonjakan kolesterol.

Makin banyak dan sering makanan berkalori tinggi yang dikonsumsi, makin besar pula kemungkinan Anda untuk mengalami kegemukan (obesitas). Dan bila Anda sudah obesitas, risiko untuk terkena penyakit kardiovaskular pun semakin besar.

Padahal, hidangan dingin manis nan nikmat seperti es krim juga bisa berkontribusi meningkatkan kadar kolesterol.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close