Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Keren, ITS Rakit Robot Pengganti Tenaga Medis di Ruang Isolasi Pasien Corona

Kamis, 02 April 2020 – 14:17 WIB
Keren, ITS Rakit Robot Pengganti Tenaga Medis di Ruang Isolasi Pasien Corona - JPNN.COM
Robot yang dirakit ITS bersama RSUA untuk melayani pasien Corona. Foto: Website ITS

jpnn.com, SURABAYA - Pengisolasian para pasien corona menimbulkan masalah baru yang perlu diatasi yaitu risiko tertularnya para tenaga medis yang merawat para pasien tersebut.

Mengatasi hal ini, tim dosen Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mencoba mengembangkan teknologi robot pelayan untuk meminimalisir kontak tenaga medis dengan pasien selama perawatan.


Muhtadin, salah satu tim dosen menjelaskan hingga saat ini sudah ada puluhan tenaga medis di Indonesia yang tertular penyakit Covid-19 dari pasien dan beberapa di antaranya sampai meninggal dunia.

Melihat fakta tersebut, ITS bekerja sama dengan Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) untuk mengembangkan robot pelayan pasien Covid-19.

“ITS sendiri sudah dikenal dengan kemampuannya untuk mengembangkan teknologi robot, jadi kita bekerja sama dengan Unair untuk mengembangkan teknologi ini,” tutur dosen Teknik Komputer ini.

Pengembangan robot pelayan pasien Covid-19 ini adalah kerja sama antara ITS melalui Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) dengan Universitas Airlangga (Unair).

Dosen dari berbagai departemen di ITS bekerja sama untuk mengembangkan robot ini. Beberapa di antaranya dari Departemen Teknik Elektro, Departemen Teknik Komputer, dan Departemen Desain Komunikasi Visual.

Robot yang sedang dikembangkan ini, lanjutnya, akan dioperasikan oleh tenaga medis dari jarak jauh untuk melakukan berbagai tugas seperti mengantarkan makanan, pakaian, serta peralatan lain yang dibutuhkan pasien.

Dosen dari berbagai departemen di ITS bekerja sama untuk mengembangkan robot pengganti tenaga medis di ruang isolasi pasien corona.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close