Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Keren, Kemendikbud Kemball Raih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2020

Jumat, 27 November 2020 – 21:17 WIB
Keren, Kemendikbud Kemball Raih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2020 - JPNN.COM
Mendikbud Nadiem Makarim (kanan) saat menerina penghargaan. Ilustrasi. Foto: Humas Kemendikbud

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tahun ini kembali meraih anugerah Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik 2020 dengan kategori menuju informatif dari Komisi Informasi Pusat (KI Pusat).

Kepala Biro Kerja sama dan Hubungan Masyarakat (BKHM) Kemendikbud selaku Koordinator Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kemendikbud, Evy Mulyani mengungkapkan, meskipun di tengah pandemi Covid-19, Kemendikbud tetap berupaya memberikan layanan informasi publik yang terbaik bagi publik khususnya informasi di bidang pendidikan dan kebudayaan dengan berbagai kanal secara daring.

“Payung hukum layanan informasi publik di Kemendikbud baru saja ditetapkan beberapa waktu lalu karena kembalinya urusan pendidikan tinggi ke Kemendikbud," kata Evy, Jumat (27/11).

Permendikbud 41 Tahun 2020 menjadi landasan Kemendikbud dalam berinovasi dan berkolaborasi secara maksimal dalam pelayanan dan pendokumentasian informasi publik bagi PPID di seluruh satuan kerja di Kemendikbud.

"Mudah-mudah tahun depan kami bisa meraih predikat Informatif," ujar Evy.

Dalam anugerah Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik 2020 yang dilaksanakan Rabu (25/11), Wapres Ma’ruf Amin mengatakan, keterbukaan informasi publik pada dasarnya menjadi hal strategis untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance), bersih, dan bebas korupsi. 

Elemen pentingnya, kata Wapres, adalah keterbukaan informasi dan penyelenggaraan layanan publik secara transparan, efektif, efisien dan dapat dipertanggungjawabkan. Keterbukaan informasi publik juga, lanjutnya, merupakan bagian dari komitmen pemerintah untuk mendorong partisipasi dan peran aktif masyarakat dalam proses pengambilan kebijakan publik.

"Dengan adanya keterbukaan informasi, masyarakat bisa semakin aktif terlibat dalam proses pembuatan kebijakan publik hingga evaluasi. Dengan meningkatnya partisipasi masyarakat, maka literasi dan pengetahuan masyarakat juga semakin tinggi substansinya," ujar Ma’ruf Amin.

Kemendikbud kembal meraih anugerah keterbukaan informasi publik untuk kategori menuju informatif dari Komisi Informasi Pusat (KI Pusat).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close