Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kereta Cepat SFO-LA

Dahlan Iskan

Kamis, 23 Mei 2024 – 07:07 WIB
Kereta Cepat SFO-LA - JPNN.COM
Dahlan Iskan (Disway). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Minggu ini banyak berita infrastuktur di Amerika. Utamanya soal pembangunan kereta cepat.

Proyek San Fransisco-Los Angeles jadi berita lagi. Dallas ke Houston, di Texas, juga jadi berita tiap hari. Bahkan juga Atlanta ke Charlotte, berarti dari Georgia ke North Caroline. Lalu Los Angeles ke Las Vegas. Banyak lagi.

Ini pasti bukan bangkitnya naga tidur. Anda bisa menciptakan istilah sendiri. Mungkin mengejar naga terbang. Atau menangkapnya.

Baca Juga:

Proyek kereta cepat yang begitu lambat antara SFO-LA seperti di-booster lagi Senin lalu: pemerintah Joe Biden memberi 3,5 miliar dolar ke proyek itu. Bukan ke proyek itu. Untuk mendukung proyek itu: membangun akses dari pusat kota SFO ke stasiun whoosh-nya.

Anda masih ingat, usulan proyek kereta cepat itu sudah disetujui DPR California ketika sebagian Anda belum lahir: 1979.

Saat itu Sang Naga bukan saja masih tidur, tetapi belum bisa tidur. Masih harus kerja keras siang malam.

Baca Juga:

DPR California juga menyetujui sumber dananya: dari obligasi negara bagian, senilai proyek: 8,9 miliar dolar. Mungkin masih setara IDR 10 T untuk kurs rupiah saat itu. Anda mungkin sudah lupa dolar pernah masih seharga Rp 450 saja.

Gubernur Jarry Brown, pemilik ide itu, menghadapi banyak rintangan di lapangan. Proyek tidak segera bisa dimulai, pun sampai dua periode masa jabatannya habis. Uang sudah banyak terpakai untuk persiapan.

Minggu ini banyak berita infrastuktur di Amerika. Utamanya soal pembangunan kereta cepat. Proyek San Fransisco-Los Angeles jadi berita lagi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close