Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kerja di Rumah Pengeluaran PNS Melonjak, Tolong THR Tetap Cair

Rabu, 08 April 2020 – 08:25 WIB
Kerja di Rumah Pengeluaran PNS Melonjak, Tolong THR Tetap Cair - JPNN.COM
PNS kerja di rumah (work from home) pengeluaran melonjak, wajar THR PNS tetap dibayarkan. Ilustrasi Foto: Ricardo/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemberlakuan work from home (WFH) ternyata berdampak besar pada pengeluaran para PNS (Pegawai Negeri Sipil).

Pengeluaran jadi membengkak lantaran harus membeli kuota internet lebih banyak.

Belum lagi ada kebijakan menyisihkan gaji bulanannya untuk membantu penanganan Covid-19.

Besarnya pengeluaran PNS ini diakui Plt Deputi SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Teguh Wijinarko. Dia mendapatkan banyak keluhan dari PNS baik pusat maupun daerah akan biaya WFH ini.

"Jadi pengeluaran terbesar PNS ini ada di paket internet. Karena semua data harus dikirim lewat email butuh kuota internet lebih banyak. Belum lagi kalau ada video conference saat meeting," kata Teguh kepada JPNN.com, Rabu (8/4).

Mestinya, kebijakan WFH harus diikuti dengan penyediaan fasilitas. Negara mesti memberikan biaya internet bagi masyarakat yang WFH, termasuk PNS.

Namun, karena situasi darurat, hal tersebut tidak bisa dibebankan seluruhnya kepada negara.

Salah satu solusinya, kata Teguh, mengurangi meeting lewat video conference. Meeting online bisa dilakukan sepekan sekali.

Selama kerja di rumah dalam rangka social distancing untuk mengerem penyebaran virus corona, pengeluaran PNS melonjak, sudah sementinya THR PNS tetap dibayarkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close