Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kerusuhan di Manokwari, Menteri Tjahjo Panggil Tiga Gubernur Ini

Senin, 19 Agustus 2019 – 17:50 WIB
Kerusuhan di Manokwari, Menteri Tjahjo Panggil Tiga Gubernur Ini - JPNN.COM
10 polisi meninggal dunia saat bertugas menyukseskan Pemilu 2019, Mendagri Tjahjo Kumolo berbelasungkawa. Foto: Humas Kemendagri

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo membuka opsi untuk mempertemukan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Papua Lukas Enembe, dan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan pascakerusuhan di Manokwari.

Tjahjo akan memanggil tiga gubernur untuk dimintakan klarifikasi atas pecahnya kerusuhan di Manokwari. Namun, kata Tjahjo, ketiga gubernur dipanggil setelah kerusuhan di kota tersebut mulai mereda.

"Ya, tunggu dahulu setelah situasi membaik," kata Tjahjo ditemui di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (19/8).

Untuk saat ini, eks Sekjen PDI Perjuangan itu mengatakan, pemerintah fokus meredam kerusuhan di Manokwari. Pemerintah berharap kerusuhan tidak meluas ke wilayah lain.

BACA JUGA: Masyarakat Papua Marah, Manokwari Rusuh

Menurut Tjahjo, Gubernur Dominggus sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk mendengar keinginan demonstran yang diduga melakukan kerusuhan.

"Gubernur Papua Barat saja langsung pulang, mungkin sore ini dia langsung pulang ke Manokwari dari Jakarta, supaya berkoordinasi dengan pemda, memimpin lalu menerima para demonstran. Kan beda kalau yang nerima gubernur, kan beda," tutur dia.

Sebagai informasi kerusuhan pecah di Manokwari, Papua Barat, Senin (19/8). Gedung DPRD Papua Barat dibakar, dan massa melakukan perusakan di beberapa jalan Kota Manokwari. Laporan dari Manokwari, kerusuhan dipicu kemarahan masyarakat sekitar atas peristiwa yang dialami mahasiswa asal Papua dan Papua Barat di Surabaya dan Malang, Jawa Timur.

Gubernur Papua Barat saja langsung pulang, mungkin sore ini dia langsung pulang ke Manokwari dari Jakarta, supaya berkoordinasi dengan pemda, memimpin lalu menerima para demonstran. Kan beda kalau yang nerima gubernur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close