Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kesaksian Pengacara PDIP soal Bujuk dan Lobi demi Harun Masiku

Kamis, 23 April 2020 – 19:59 WIB
Kesaksian Pengacara PDIP soal Bujuk dan Lobi demi Harun Masiku - JPNN.COM
Advokat PDI Perjuangan Donny Tri Istiqomah usai menjalani pemeriksaan di KPK, Rabu (12/2). Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

jpnn.com, JAKARTA - Pengacara Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Donny Tri Istiqomah menceritakan upaya membujuk Riezky Aprilia selaku anggota DPR dari Daerah Pemilihan (Dapil) I Sumatera Selatan bersedia mengundurkan diri. Jika Riezky mundur, yang akan menggantikannya adalah Harun Masiku.

Donny menceritakan itu saat bersaksi bagi terdakwa Saeful Bahri pada persidangan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Kamis (23/4). Pada persidangan melalui konferensi video itu Donny menyampaikan kesaksiannya dari rumahnya, sedangkan Saeful berada di Rutan KPK.

Donny menuturkan, DPP PDIP menugaskannya mengajukan uji materiel atas Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2019 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara dalam Pemilu ke Mahkamah Agung (MA). Syahdan, MA mengabulkan gugatan PDIP.

“Ketika putusan MA keluar dan terjadi beda tafsir dengan KPU, kemudian fatwa MA itu keluar tetapi belum ada tindakan lebih lanjut DPP PDIP. Saya berinisiatif untuk menghubungi Riezky. Pikiran saya daripada kami ribut berantem dengan KPU tidak ada ujungnya, siapa tahu Riezky mau mengundurkan diri," kata Donny.

Riezky lolos ke DPR karena menjadi pengganti bagi mendiang Nazaruddin Kiemas yang memperoleh suara terbanyak di Dapil I Sumsel. KPU memutuskan Riezky sebagai peraih suara terbanyak kedua setelah Nazaruddin di Dapil I Sumsel lolos ke DPR.

Menurut Donny, dirinya meminta Saeful menemui Riezky di Singapura. Tujuannya adalah membujuk Riezky selaku Caleg DPR Terpilih dari Dapil I Sumsel mau mundur.

“Seingat saya, Saudara Saeful bisnisnya banyak di Thailand dan Singapura. Saya minta tolong bisa tidak bantu saya, kan sering ke Singapura," ujar Donny.

Walakin, Donny mengaku tak bisa memaksa Riezky mundur. Namun jika Riezky bersedia mundir, Donny akan melaporkannya kepada DPP PDIP.

Pengacara PDIP Donny Tri Istiqomah menuturkan, daripada berantem dengan KPU untuk meloloskan Harun Masiku lebih baik membujuk Riezky Aprilia selaku Caleg Terpilih dari Dapil I Sumsel.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close