Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ada Tawaran Setiap Suara Dihargai Rp 50 Ribu demi Loloskan Harun Masiku

Kamis, 23 April 2020 – 17:37 WIB
Ada Tawaran Setiap Suara Dihargai Rp 50 Ribu demi Loloskan Harun Masiku - JPNN.COM
Saeful Bahri usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (18/2/2020). Foto: ANTARA/Indrianto Eko Suwarso

jpnn.com, JAKARTA - Anggota DPR RI dari PDI Perjuangan Riezky Aprilia mengaku sempat ditawari imbalan uang asalkan merelakan jabatannya sebagai wakil rakyat diserahkan kepada Harun Masiku. Menurut Riezky, pihak yang menyampaikan tawaran itu adalah politikus PDIP Saeful Bahri.

Riezky menyampaikan pengakuannya saat menjadi saksi pada persidangan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta melalui konferensi video, Kamis (23/4) dalam perkara suap dari Saeful Bahri untuk Wahyu Setiawan selaku anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU). Riezky menyampaikan kesaksiannya dari rumah, sedangkan Saeful berada di Rumah Tahanan (Rutan) KPK.

Pada persidangan itu Riezky mengatakan, dirinya sedang berada di Singapura untuk check up kesehatan saat pengacara PDIP Donny Tri Istiqomah menghubunginya pada 23 September 2019. Saat itu Riezky masih menyandang status Calon Legislatif (Caleg) DPR terpilih.

Ternyata yang menemui Riezky di Singapura adalah Saeful. “Karena (Saeful, red) sudah jauh-jauh dari Jakarta akhirnya saya temui di Shangri-la Orchard,” katanya.

Wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) I Sumatera Selatan itu mengaku tak mengenal Saeful. Menurut Riezky, dalam pertemuan itu Saeful memintanya mundur dari posisi Caleg DPR Terpilih hasil Pemilu 2019.

“Saya tak tahu dengan beliau ini (Saeful, red). Saya tidak kenal, saya tidak tahu apa yang dia sampaikan benar atau tidak, tetapi beliau mengatakan minta saya mundur di-replace (digantikan) sama Harun,” ungkap Riezky.

Menurut Riezky, pada pertemuan itu Saful menawarkan imbalan untuk mengganti ongkos politik yang telah dikeluarkan putri mantan Wali Kota Lubuklinggau Ridwan Effendi tersebut. Untuk setiap suara yang diraih Riezky di Dapil I Sumsel akan dihargai Rp 50 ribu.

“Yang pasti yang dia (Saeful, red) sampaikan suara saya mau diganti satu suara saya jadi Rp 50 ribu. Suara saya 44.402, satu suara diganti nominal Rp 50 ribu,” tuturnya.

Anggota DPR RI dari PDI Perjuangan Riezky Aprilia mengaku sempat ditawari imbalan uang asalkan merelakan jabatannya sebagai wakil rakyat diserahkan kepada Harun Masiku.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close