Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kesehatan Tubuh Bisa Dilihat dari Mulut

Senin, 17 Maret 2014 – 17:54 WIB
Kesehatan Tubuh Bisa Dilihat dari Mulut - JPNN.COM

jpnn.com - Biasanya seseorang melakukan cek kesehatan dengan mengukur tekanan darah atau suhu tubuh dengan termometer. Namun jangan salah, mulut juga bisa digunakan untuk mengecek kesehatan anda.

"Bagian yang bisa anda cek untuk mengetahui kesehatan tubuh anda adalah gusi, gigi dan lidah," kata peneliti, Dr. Nigel Carter, seperti dilansir laman Mirror, Minggu (16/3).

Berikut beberapa tanda adanya masalah kesehatan pada tubuh anda

1. Gusi berdarah

Penelitian membuktikan bahwa penyakit gusi dapat menaikkan dua kali lipat risiko terserang penyakit jantung koroner. Pada wanita, hal itu juga meningkatkan tiga kali lipat risiko melahirkan prematur. Tidak hanya itu, penyakit gusi juga meningkatkan risiko disfungsi ereksi pada pria sampai tiga kali lipat.

Untuk menghindari hal tersebut, menyikat gigi selama 2 menit dua kali sehari mampu mengatasi hal itu. Jangan lupa juga untuk memakan banyak sayuran karena sayuran memiliki potensi lebih kecil untuk merusak gigi dan mulut dibandingkan daging.

2. Lidah gemuk dan pucat

Lidah bengkak dan membesar, pucat atau terlalu merah bisa jadi pertanda kekurangan bitamin b6 dan juga anemia. Jika anda merasa tiba-tiba lemas dan letih, cobalah berkaca. Jangan-jangan lidah anda menunjukkan gejala-gejala diatas.

Biasanya seseorang melakukan cek kesehatan dengan mengukur tekanan darah atau suhu tubuh dengan termometer. Namun jangan salah, mulut juga bisa digunakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA