Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ketahuilah, Lebih Sehat Olahan Daging Kambing ketimbang Sapi

Senin, 12 Agustus 2019 – 05:37 WIB
Ketahuilah, Lebih Sehat Olahan Daging Kambing ketimbang Sapi - JPNN.COM
Seorang pekerja sedang membakar sate di kampung sate Jalan Lawu, Nologaten, Ponorogo. Foto: Asta Yanuar/Radar Ponorogo/JPNN.com

jpnn.com, MALANG - Ada anggapan yang berkembang di masyarakat bahwa mengonsumsi olahan daging sapi lebih sehat ketimbang kambing. Padahal faktanya, daging kambing lebih sehat.

Hal ini dibenarkan Direktur RS Baptis, Malang, dr. Dolly Irbantoro, MMRS. Selama ini menurutnya masyarakat menganggap kambing lebih berkolesterol karena pengolahannya didominasi menggunakan santan.

Namun faktanya kandungan kolesterol daging kambing lebih rendah dari sapi. Sehingga secara nutrisi, daging kambing lebih aman dikonsumsi penderita kanker maupun hipertensi. Dengan catatan, proses memasak harus meminimalisir garam, MSG (monosodium glutamat).

“Jadi mitos selama ini bahwa kambing lebih berlemak daripada daging sapi adalah kurang tepat,” jelas Dolly.

Nutrisi yang terkandung dalam daging kambing juga lebih baik dari daging sapi. Di dalam daging kambing lebih banyak mengandung zat besi, vitamin A, D, dan K. Komposisi protein daging kambing lebih baik dari daging sapi.

BACA JUGA: Ugurampe, Ritual Penyembelihan Hewan Kurban di Desa Bumiaji

Kandungan nutrisi itu akan berkurang jika melalui proses masak yang kurang tepat. Cara memasak dengan mengukusnya adalah pilihan yang tepat. Jadi apakah Anda masih takut mengkonsumsi daging kambing? (Rida Ayu/RM)

 

Kandungan kolesterol daging kambing lebih rendah dibanding sapi. Daging kambing lebih aman dikonsumsi penderita kanker maupun hipertensi.

Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close