Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ketegangan Baru di Semenanjung Korea

Korut Ikut Latihan Perang, Jet Rusia Ikut Provokasi

Kamis, 09 Desember 2010 – 08:31 WIB
Ketegangan Baru di Semenanjung Korea - JPNN.COM
SEOUL - Semenanjung Korea memasuki ketegangan baru. Kemarin (8/12), tepat pada hari ketiga latihan tembak Angkatan Laut (AL) Korea Selatan (Korsel), Laksamana Mike Mullen berkunjung ke Seoul. Bersamaan dengan itu, Korea Utara (Korut) juga dilaporkan menggelar latihan tembak di perbatasan.

Mullen yang menjabat chairman kepala Staf Gabungan Militer Amerika Serikat (AS) itu berkunjung ke Korsel demi menunjukkan solidaritas Negeri Paman Sam terhadap sekutunya. Di hadapan Jenderal Han Min-koo, perwira 64 tahun tersebut menegaskan kembali dukungan Washington kepada Seoul. "Komitmen kami untuk membela Korsel tak terbantahkan lagi," tandasnya sebagaimana dilansir Associated Press.

Dalam kesempatan itu, Mullen mengatakan bahwa tembakan artileri Korut ke Pulau Yeonpyeong yang menewaskan dua marinir dan dua warga sipil Korsel pada 23 November lalu sebagai tindakan ugal-ugalan dan sembrono. Karena itu, dia mengimbau Tiongkok yang tidak mengecam aksi Korut segera mengubah kebijakannya. Jika tidak, negeri yang dipimpin Presiden Hu Jintao itu juga harus ikut bertanggung jawab.

"Tiongkok memiliki pengaruh yang unik (terhadap Korut). Karena itu, mereka juga punya tanggung jawab yang unik," ungkap Mullen. Sebagai sekutu, lanjut dia, sudah menjadi kewajiban Beijing ikut memperbaiki sikap Pyongyang terhadap Seoul. Apalagi, Tiongkok tidak hanya punya pengaruh kuat kepada Korut, tapi juga negara-negara lain di kawasan Asia Pasifik.

SEOUL - Semenanjung Korea memasuki ketegangan baru. Kemarin (8/12), tepat pada hari ketiga latihan tembak Angkatan Laut (AL) Korea Selatan (Korsel),

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close