Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ketika Facebook Bangun Pusat Data Pribadi

Pilih Oregon karena Dingin dan Listrik Murah

Rabu, 21 April 2010 – 03:10 WIB
Ketika Facebook Bangun Pusat Data Pribadi - JPNN.COM
DALAM beberapa bulan ke depan, maniak Facebook bisa menikmati layanan program lebih variatif dan akses data lebih cepat. Setelah bertahun-tahun menyewa gudang penyimpanan data di Silicon Valley, California Utara dan beberapa tempat lainnya, saat ini Facebook sedang membangun pusat datanya sendiri di Prineville, Oregon. Keputusan itu merupakan bukti langkah maju perusahaan tersebut yang memulai bisnis sewa server seharga USD 80 (Rp 720 ribu) per bulan, hanya dalam waktu enam tahun.

Facebook terus berupaya menghemat anggaran yang berkaitan dengan penyewaan penyimpan halaman internet atau hosting. Termasuk dengan pengembangan berbagai program perangkat lunak mutakhir. Dengan semakin berkembangnya bisnis iklan di Facebook, langkah membangun pusat data mandiri itu akan menambah pundi-pundi keuntungan perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg tersebut.

Pusat data tersebut merupakan anak perusahaan pertama yang dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook. Di daerah yang sama, perusahaan teknologi lainnya seperti Google, Microsoft, Amzaon, dan Yahoo, juga mempunyai pusat data serupa, meski tidak menempatkan kantor cabangnya di sana. Mengapa di Oregon" Sejumlah perusahaan internet besar memilih negara bagian tersebut karena pemerintah lokal menawarkan harga murah untuk listrik dan insentif khusus bagi perusahaan yang membangun pusat data di kawasan tersebut. Selain itu iklim yang baik atau lebih dingin dari tempat lain, juga menjadi nilai tambah. 

Prineville terletak di wilayah Crook Conty. Pada  November 2009, 17,4 persen penduduk wilayah itu masih menganggur. Untuk membangunnya diperlukan sekitar 200 pekerja konstruksi dan 35 pekerja lainnya jika kelak pembangunan sudah diselesaikan. Angka tersebut tidak terlalu besar untuk ukuran Prinville. Namun yang pasti, lebih baik, daripada tidak ada sama sekali.

DALAM beberapa bulan ke depan, maniak Facebook bisa menikmati layanan program lebih variatif dan akses data lebih cepat. Setelah bertahun-tahun menyewa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close