Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ketimpangan Pusat-Daerah Kesalahan Sejarah

Kamis, 07 Mei 2009 – 14:04 WIB
Ketimpangan Pusat-Daerah Kesalahan Sejarah - JPNN.COM
JAKARTA- Ketimpangan yang terjadi antara pemerintah pusat dan daerah menurut sejarawan Universitas Indonesia (UI) Prof Dr RZ Leirissa merupakan akibat kesalahan sejarah masa lalu. Di mana saat Indonesia diambil dari Belanda sudah dalam bentuk utuh. Berbeda dengan negara-negara lainnya seperti Amerika.

“Kalau mau menyalahkan kenapa ada perbedaan mencolok antara pusat dan daerah ya salahkan saja sejarah. Kenapa saat Indonesia merdeka sudah terbentuk lima kepulauan besar,” ujar Leirissa dalam bedah buku ‘Inga..Inga Permesta pe Perjuangan” karya Benny Tengker dan diskusi panel di Gedung GBHN DPD RI, Kamis (7/5).

Senada itu staf ahli DPD RI Arbi Sanit menyatakan, perbedaan itu sekarang jadi bumerang bagi pemerintah pusat. Banyak wilayah yang meminta kekuasaan otonom seluas-luasnya sehingga akhirnya lepas.

“Kita contohkan saja peristiwa lepasnya Timor-Timur, dan perlawanan GAM di Aceh. Itu semua karena rasa tidak puas terhadap system pemerintahan Indonesia,” ujarnya.

JAKARTA- Ketimpangan yang terjadi antara pemerintah pusat dan daerah menurut sejarawan Universitas Indonesia (UI) Prof Dr RZ Leirissa merupakan akibat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA