Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ketua DPD Dapat Gelar Adat dan Pusaka dari Kerajaan Sekala Brak Kepaksian Pernong

Selasa, 07 September 2021 – 15:59 WIB
Ketua DPD Dapat Gelar Adat dan Pusaka dari Kerajaan Sekala Brak Kepaksian Pernong - JPNN.COM
Ketua DPD AA LaNyalla Mahmud Mattalitti diangkat sebagai keluarga atau angkon muakhi oleh Sultan Sekala Brak Yang Di Pertuan Ke-23 Paduka Yang Mulia (PYM) Sai Batin Puniakan Dalom Beliau (SPDB) Pangeran Edward Syah Pernong di Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak Kepaksian Pernong, Lampung Barat, Selasa (7/9). Foto: Humas DPD RI.

jpnn.com, LAMPUNG BARAT - Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti diangkat sebagai keluarga atau saudara (angkon muakhi) oleh Sultan Sekala Brak Yang Di Pertuan Ke-23 Paduka Yang Mulia (PYM) Sai Batin Puniakan Dalom Beliau (SPDB) Pangeran Edward Syah Pernong.

LaNyalla juga mendapatkan gelar adat Batin Gusti Calak Perkasa Mangkunegeri.

Pemberian gelar dan keluarga dilakukan dalam prosesi angkon muakhi, Selasa (7/9) di Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak Kepaksian Pernong, Lampung Barat. Tepatnya di ruang Margasana Gedung Dalom Kepaksian Pernong.

LaNyalla yang datang bersama rombongan, disambut hulu balang dan pasukan kerajaan.

Senator asal Jawa Timur ini kemudian diarak menuju Ruang Margasana dengan Alam Gemisekh (perlengkapan adat sebagai simbol kehormatan kepada tamu yang diagungkan).

Pertama, LaNyalla diberi gelar Radin Gusti Calak Perkasa dengan ditandai penganugerahan lencana emas kerajaan, selempang orang besar bergelar Gedung Dalom Kepaksian Pernong dan plakat kerajaan.

Kemudian penobatan gelar adat dinaikkan menjadi Batin Gusti Calak Perkasa Mangkunegeri, dan dianugerahi Kikat Hanuang Bani sebagai lambang kebanggaan masyarakat Saibatin Lampung dan keberanian bagi masyarakat Way Handak.

LaNyalla juga dianugerahi pusaka Raja Sekala Brak Kepaksian Pernong dan piagam adat.

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mendapat gelar adat Batin Gusti Calak Perkasa Mangkunegeri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close