Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ketua MPR Bambang Soesatyo Dukung Penyelenggaraan Musyawarah Adat Nasional

Selasa, 14 Februari 2023 – 18:02 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo Dukung Penyelenggaraan Musyawarah Adat Nasional - JPNN.COM
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima kunjungan pengurus DPP Lemtari yang akan menyelenggarakan Musyawarah Adat Nasional (Musdatnas) pada akhir Februari nanti. Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyatakan dukungannya terhadap pelaksanaan Musyawarah Adat Nasional (Musdatnas) yang akan diselenggarakan Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Tinggi Masyarakat Adat Republik Indonesia (DPP Lemtari).

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan di Gedung Nusantara V MPR pada akhir Februari 2023 mendatang.

Bamsoet yang akrab disapa itu berharap kegiatan tersebut menjadi momentum bagi pelestarian adat istiadat.

Selain itu, meningkatkan perlindungan terhadap masyarakat adat khususnya terhadap penyelesaian berbagai konflik agraria tanah adat yang masih dihadapi masyarakat adat.

Dia menyampaikan pemerintah bersama DPR serta berbagai kalangan masyarakat adat saat ini sedang merancang RUU Masyarakat Hukum Adat.

"Sudah masuk dalam Prolegnas Prioritas 2023. Diharapkan bisa segera selesai, dengan demikian bisa menguatkan posisi masyarakat hukum adat sekaligus menjadi payung hukum untuk melestarikan adat istiadat serta perlindungan terhadap masyarakat adat," ujar Bamsoet seusai menerima pengurus DPP Lemtari, Selasa (14/2).

Ketua ke-20 DPR itu menyebutkan memiliki jumlah penduduk lebih dari 273 juta jiwa, terdiri dari 1.340 suku dengan 733 bahasa menjadikan Indonesia sebagai negara yang memiliki banyak keragaman adat istiadat.

Sayangnya, hingga kini belum ada big data yang merangkum berbagai kekayaan adat istiadat dari berbagai wilayah Indonesia.

Ketua MPR Bambang Soesatyo alias Bamsoet menyatakan dukungannya terhadap penyelenggaraan musyawarah adat nasional yang akan dilaksanakan akhir Februari ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close