Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ketua MPR Bambang Soesatyo Ingatkan Pentingnya Pembenahan Parpol, Simak Penjelasannya

Jumat, 26 April 2024 – 09:10 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo Ingatkan Pentingnya Pembenahan Parpol, Simak Penjelasannya - JPNN.COM
Ketua MPR Bambang Soesatyo saat memberikan kuliah 'Pembaharuan Hukum dan Politik Hukum' pada Program Doktor Ilmu Hukum Universitas Borobudur, Sabtu (30/3). Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR Bambang Soesatyo mengatakan partai politik (parpol) memegang peran sangat penting dalam menentukan arah kebijakan negara, baik di tingkat legislatif, eksekutif maupun yudikatif.

Karena itu menurut Bamsoet yang akrab disapa, untuk membenahi berbagai persoalan bangsa harus dimulai dengan pembenahan partai politik yang merupakan hulu demokrasi.

Hal itu disampaikannya saat memberikan kuliah 'Pembaharuan Hukum dan Politik Hukum' pada Program Doktor Ilmu Hukum Universitas Borobudur, Jakarta, Sabtu (30/3).

"Partai politik sebagai tulang punggung demokrasi menjadi titik pangkal paling penting bagi proses terciptanya penyelenggaraan negara yang baik. Semakin kuat dan sehatnya kondisi partai politik, semakin memudahkan terwujudnya hilir demokrasi berupa kemakmuran dan kesejahteraan rakyat," kata Bamsoet.

Bamsoet juga menyinggung tingginya biaya politik sebagai akibat dari sistem politik secara terbuka yang diterapkan dan tidak jarang membuat para politisi terjebak dan berakhir pada kasus korupsi.

Dia menilai politik biaya tinggi ini rentan terhadap ketahanan nasional.

Sebab, partai politik yang merupakan dapur kebijakan negara dapat dikuasai oleh para pemilik modal yang bisa saja memiliki agenda di luar agenda NKRI dan meraih cita-cita nasional yang berparadigma Pancasila.

"Menjadi ketua umum partai politik saat ini tidak cukup hanya memiliki wawasan kebangsaan, kemampuan memimpin dan pengetahuan lebih, namun juga dituntut harus memiliki modal yang cukup untuk mendapat dukungan suara," ungkapnya.

Ini penjelasan Ketua MPR Bambang Soesatyo soal pentingnya pembenahan parpol, simak penjelasannya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close