Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kiai Said Menggagas Pembentukan BPKMPI, Nih Tujuannya

Jumat, 30 Desember 2022 – 07:00 WIB
Kiai Said Menggagas Pembentukan BPKMPI, Nih Tujuannya - JPNN.COM
Ketua Umum Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI) Said Aqil Siroj (kedua kiri) saat membuka workshop fiqih keamanan obat dan makanan di Jakarta, Kamis (29/12). Foto: Dok. LPOI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI) Said Aqil Siroj mengatakan pihaknya akan membentuk sebuah badan yang akan mengawasi industri obat dan makanan di Indonesia.

Kiai Said menyampaikan hal itu saat membuka workshop fiqih keamanan obat dan makanan.

“Kami akan mendirikan Lembaga Kemananan Konsumen dan Obat-obatan. Kami akan bikin lembaga yang diberi nama Badan Perlindungan Konsumen Muslim dan Pengawasan Industri (BPKMPI),” kata Kiai Said di Jakarta, Kamis (29/12/2022).

Said menjelaskan lembaga tersebut penting dibentuk. Sebab, berkaca pada fakta dan fenomena kematian anak akibat gagal ginjal yang disinyalir dipicu akibat obat-obatan yang mengandung Etilen Glikol dan Di Etilen Glikol (EG dan DEG) yang membahayakan.

Selain itu, lanjut Said, terdapat fakta jajanan anak dan produk susu yang mengandung kelebihan garam, gula dan lemak yang perlu pengawasan lebih baik.

Ada pula fakta dari berkembangnya penolakan produk makanan mie, kecap dan saus yang ditolak di luar negeri.

“Jadi, secara spesifik, pembentukan lembaga ini oleh LPOI adalah dalam rangka melakukan upaya Hifdzu annafs (melindungi jiwa) dan Hifdzu annasl (melindungi keturunan/generasi) seluruh umat manusia,” ujar Said.

Said berharap melalui workshop dan terbentuknya badan tersebut maka pengawasan dari hulu dan hilir baik obat dan makanan bisa berjalan lebih baik.

Ketum Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI) Said Aqil Siroj menggagas pembentukan BPKMPI, nih tujuannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close