Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

KIC Rilis Nama-Nama Tokoh yang Maju di Pilkada 2024

Kamis, 06 Juni 2024 – 20:16 WIB
KIC Rilis Nama-Nama Tokoh yang Maju di Pilkada 2024 - JPNN.COM
Menjelang pilkada serentak 2024, muncul nama tokoh-tokoh yang diprediksi akan maju di Pilkada 2024. Hal ini terpotret di Survei Katadata Insight Center (KIC). Foto: dok KIC

jpnn.com, JAKARTA - Menjelang pilkada serentak 2024, muncul nama tokoh-tokoh yang diprediksi akan maju di Pilkada 2024. Hal ini terpotret di Survei Katadata Insight Center (KIC).

Survey Manager KIC, Satria Triputra Wisnumurti mengatakan, sejumlah nama tersebut mendapatkan persepsi publik kandidat terkuat. 

Misalnya saja di Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mendominasi persepsi publik (33,2 persen), sedang di Banten, Airin Rachmi Diany memimpin (32,8 persen)dan Muhammad Bobby Afif Nasution terkuat di Sumatra Utara (42,1 persen).

Namun ada juga nama tokoh yang tidak dipersepsikan terkuat oleh responden. Mereka adalah, Anies Baswedan di Jakarta, Wahidin Halim (Banten), dan Edy Rahmayadi (Sumatra Utara) tidak dipersepsikan oleh publik sebagai kandidat terkuat. 

Satria menuturkan, untuk di Jawa Barat, Ridwan Kamil dipersepsikan paling pantas oleh 39,5 persen reponden. Taj Yasin Maimoen di Jawa Tengah (20,4 persen) Khofifah Indar Parawansa di Jawa Timur (43,3 persen), Andi Sudirman Sulaiman di Sulawesi Selatan dinilai pantas menjadi gubernur (23,8 persen), dan Mahyeldi Ansharullah yang masih berstatus petahana di Sumatera Barat Barat (38,3 persen).

“Temuan tersebut sejalan dengan kepuasan kinerja gubernur, para mantan atau petahana yang dinilai paling pantas menjadi gubernur lagi memiliki nilai kepuasan di atas 80 persen. Namun, di tiga provinsi tersebut nilai kepuasan mereka di rentang 50-60 persen,” kata Satria Triputra Wisnumurti, saat peluncuran dan diskusi Rilis Survei Persepsi Publik Terhadap Pilkada di delapan Provinsi di Jakarta, Kamis (6/6).

Satria menambahkan, hasil survei ini memperlihatkan masih ada sebagian responden yang belum mengetahui pelaksanaan Pilkada 2024. 

"Sebanyak 18,3 persen responden menjawab bahwa pilkada akan berlangsung pada 27 September dan 19.0 persen menjawab 27 Oktober. Sedangkan 62,6 persen menjawab benar: 27 November. Dalam hal penggunaan hak pilih, mayoritas (93,4 persen) responden akan mencoblos. Hanya sebagian kecil (6,6 persen) yang tidak akan mencoblos," katanya.

Menjelang pilkada serentak 2024, muncul nama tokoh-tokoh yang diprediksi akan maju di Pilkada 2024. Hal ini terpotret di Survei Katadata Insight Center (KIC).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close