Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

KLHK Gelar Festival PeSoNa: Merayakan Hutan Sosial untuk Kini dan Nanti

Selasa, 26 November 2019 – 15:06 WIB
KLHK Gelar Festival PeSoNa: Merayakan Hutan Sosial untuk Kini dan Nanti - JPNN.COM
Direktur Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Bambang Supriyanto (tengah). Foto : Elfany Kurniawan/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kembali menggelar Festival Perhutanan Sosial Nasional (PeSoNa) di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta selama dua hari sejak 27-28 November 2019.

Tema PeSoNa yang digelar ketiga kalinya ini adalah Memakmurkan Rakyat Kini dan Nanti.

“Sebab festival ini semacam perayaan bahwa hutan sosial telah diterima masyarakat dan banyak champion yang berhasil secara ekonomi, sosial, maupun ekologi,” kata Direktur Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Bambang Supriyanto, Selasa (26/11)

Bambang menambahkan, seperti juga dalam dua Festival PeSoNa sebelumnya, perhelatan kali ini menampilkan ragam hutan sosial dari seluruh Indonesia.

Kegiatan ini menampilkan produk hutan sosial juga kisah sukses mengelola hutan yang dikelola sebelum dan setelah mendapatkan legalisasi.

“Dari situ kami akan bisa melihat bagaimana hutan sosial dikelola oleh masyarakat lokal sebagai bukti bahwa masyarakat bisa mengelola hutan secara lestari,” katanya.

Untuk mendukung kerja-kerja masyarakat itu, pemerintah telah melakukan langkah-langkah percepatan kelembagaan Hutan Sosial yang bertujuan menciptakan pemerataan ekonomi bagi masyarakat di sekitar Kawasan hutan.

Sampai saat ini, program Hutan Sosial telah memberikan akses kelola kepada 777.789 kepala keluarga dengan jumlah izin/hak kelola sebanyak 6.112 SK atau total seluas 3,436 juta hektare.

Festival Perhutanan Sosial Nasional bertemakan Memakmurkan Rakyat Kini dan Nanti.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close