Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

KLHK Gelar Pelatihan Masyarakat Peduli Api di Majalengka

Rabu, 21 April 2021 – 21:00 WIB
KLHK Gelar Pelatihan Masyarakat Peduli Api di Majalengka - JPNN.COM
Kasubdit Kemitraan dan Masyarakat Peduli Api, Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, KLHK Purwantio saat memberikan sambutan di hadapan masyarakat peduli api paralegal di Bantar Agung, Majalengka, Jawa Barat, Rabu (21/4). Foto: Fransiskus Adryanto Pratama/JPNN.com

jpnn.com, MAJALENGKA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memberikan pelatihan kepada masyakat peduli api (MPA) di Bantaragung, Majalengka, Jawa Barat, Rabu (21/4).

Pelatihan tersebut melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat budidaya lebah madu dan pemanfaatan bahan limbah 2021.

Dalam kesempatan itu, Kasubdit Kemitraan dan Masyarakat Peduli Api, Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK Purwantio mengatakan, pemerintah terus mengembangkan paradigma pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dengan mengedepankan pencegahan.

Hal tersebut dilakukan pascakebakaran hutan pada 2015.

Langkah tersebut diperkuat dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan dengan peran berbagai kementerian dan lembaga terkait, serta pemerintah daerah.

"Paradigma ini terus dilakukan dalam aksi-aksi lapangan yang dilaksanakan terutama di tingkat tapak yang langsung bersentuhan dengan masyarakat," kata Purwantio di Kantor Desa Bantaragung, Rabu (21/4).

Purwantio menambahkan, dalam upaya mencegah karhutla itu pihaknya telah memerintahkan jajarannya dari tingkat pusat hingga desa untuk siaga.

"Kami telah menginstruksikan jajaran dari tingkat pusat sampai di tingkat tapak untuk siap siaga bekerja cepat dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan," ujarnya.

KLHK telah menyiagakan jajarannya dari tingkat pusat hingga desa untuk mencegah karhutla.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close