Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

KLHK Tetapkan 2 Tersangka Kasus Perambahan Hutan di Luwu Timur Sulsel

Senin, 31 Juli 2023 – 15:10 WIB
KLHK Tetapkan 2 Tersangka Kasus Perambahan Hutan di Luwu Timur Sulsel - JPNN.COM
Petugas Gakkum KLHK melakukan olah kejadian perkara kasus perambahan hutan di Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. (FOTO ANTARA/HO-Kementerian LHK)

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menetapkan dua orang sebagai tersangka kasus perambahan hutan di Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan. Adapun penetapan dua tersangka berinisial AM (40) dan NS (52), itu dilakukan pada 28 Juli 2023.

"Selanjutnya kami melakukan pemberkasan dan segera menyampaikan berkas perkara tersebut ke jaksa penuntut umum (JPU) untuk dilakukan tindak lanjut," kata Kepala Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum LHK Wilayah Sulawesi Aswin Bangun dalam pernyataan yang diterima di Jakarta, Senin (31/7).

Dia menjelaskan pengungkapan kasus ini bermula dari informasi masyarakat bahwa ada pembukaan atau pengolahan lahan tanpa izin untuk dijadikan kebun sawit yang diduga masuk dalam kawasan hutan produksi terbatas.

Atas informasi itu, Balai Gakkum KLHK Wilayah Sulawesi membentuk tim operasi untuk melakukan penindakan pengamanan dan perlindungan hutan di Kabupaten Luwu Timur.

Pada 18 Juni 2023, tim operasi menemukan satu unit ekskavator di dalam kawasan hutan produksi terbatas yang diduga telah digunakan untuk membuka dan mengolah lahan menjadi kebun sawit.

Luas lahan yang telah terbuka di sekitar lokasi tersebut sudah mencapai ratusan hektare yang diduga terus bertambah untuk dijadikan kebun sawit.

Oleh karena itu, tim operasi mengamankan ekskavator tersebut. Tim kemudian mencari tahu siapa pemilik lahan dan ekskavator tersebut.

"Kami memperoleh data dan informasi bahwa AM mengaku sebagai pemilik lahan atau pemodal, dan NS sebagai penanggung jawab lapangan," katanya.

KLHK menetapkan dua orang sebagai tersangka kasus perambahan hutan di Kabupaten Luwu Timur, Sulsel.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close