Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

KLHK, TNI dan Polda Tangkap 17 Pelaku Pembalakan Liar di Sambas

Selasa, 06 Agustus 2019 – 12:34 WIB
KLHK, TNI dan Polda Tangkap 17 Pelaku Pembalakan Liar di Sambas - JPNN.COM
Aparat gabungan KLHK, TNI dan Polisi menangkap pelaku pembalakan liar di Kawasan Hutan Lindung Gunung Bentarang Desa Sungai Bening, Kec. Sajingan Besar Kabupaten Sambas, dekat perbatasan RI-Malaysia. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, PONTIANAK - Komitmen dan keseriusan untuk memberantas kejahatan lingkungan dan kehutanan terus ditunjukkan oleh pemerintah. Komitmen ini dibuktikan dengan penangkapan 17 orang pelaku illegal logging di Kawasan Hutan Lindung Gunung Bentarang Desa Sungai Bening, Kecamatan Sajingan Besar Kabupaten Sambas, dekat perbatasan RI-Malaysia.

Dirjen Penegakan Hukum (Gakkum) KLHK, Rasio Ridho Sani menegaskan pihaknya komit untuk menindak siapapun pelaku kejahatan terhadap LHK. Pihaknya telah melakukan lebih dari seribu operasi.

“Kejahatan ini harus diberantas dan ditindak tegas karena tidak hanya merugikan negara tetapi menghancurkan ekosistem, tidak boleh kompromi. Harus kita tindak bersama-sama. Kalau pelaku kejahatan ini bisa bersatu, kita aparat pun harus bersatu. KLHK sedang melakukan beberapa operasi gabungan bersama TNI dan Kepolisian,” ujar Rasio, Selasa (6/8).

BACA JUGA: Keseriusan Gakkum KLHK Tindak Tegas Pelaku Karhutla

Rasio menjelaskan untuk menangani kejahatan Pembalakan liar, Tim KLHK terus memantau lokasi-lokasi yang terindikasi adanya pembalakan ilegal.

“Kami menugaskan kepada SPORC serta penyidik untuk secara intensif memantau lapangan dan menindak tegas siapa pun yang terlibat pembalakan ilegal,” katanya.

Lebih lanjut, Rasio mengatakan setelah penangkapan pelaku pembakaran lahan di Kubu Raya, Operasi gabungan yang dilakukan oleh Penyidik dan SPORC KLHK Wilayah Kalimantan, bersama dengan POM Kodam XII Tanjungpura, dan Korwas PPNS Polda Kalbar berhasil menangkap 17 (tujuh belas) orang pelaku penebangan liar pada hari Jumat, 2 Agustus 2019.

KLHK, TNI dan Polda Tangkap 17 Pelaku Pembalakan Liar di Sambas

Aparat gabungan terdiri dari KLHK, TNI dan Polisi menangkap 17 pelaku pembalakan liar di Kawasan Hutan Lindung Gunung Bentarang Desa Sungai Bening, Kecamatan Sajingan Besar Kabupaten Sambas, dekat perbatasan RI-Malaysia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close