Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Koalisi Aksi Pembela Keadilan Gelar Aksi Dukungan Untuk Anwar Usman

Senin, 08 Januari 2024 – 17:46 WIB
Koalisi Aksi Pembela Keadilan Gelar Aksi Dukungan Untuk Anwar Usman - JPNN.COM
Ratusan massa yang tergabung dalam Koalisi Aksi Pembela Keadilan melakukan demontrasi dukungan untuk eks Ketua MK Anwar Usman di PTUN Jakarta, Senin (8/1). Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ratusan massa yang tergabung dalam Koalisi Aksi Pembela Keadilan melakukan demontrasi sebagai bentuk dukungan kepada eks Ketua MK Anwar Usman di PTUN Jakarta, Senin (8/1).

Koordinator aksi Faris Jibril dalam orasinya menjelaskan pihaknya meminta hakim yang menangani perkara gugatan Anwar untuk menegakkan hukum secara adil serta tidak terpengaruh opini publik.

“Tegakkan keadilan meski langit akan runtuh. Negara kita negara hukum, tidak boleh ada seorang pun dizalimi karena desakan opini atau kepentingan politik,” kata Faris Jibril.

Dia menyebut Anwar Usman adalah korban putusan MKMK yang politis dan menilai dalam putusan tersebut yang dinilai janggal dan bermasalah.

Secara khusus, dia menyoroti proses pemeriksaan, kualitas alat bukti, dan bentuk sanksi oleh MKMK yang dinilai menabrak Peraturan Mahkamah Konstitusi Nomor 1 Tahun 2023 tentang Majelis Kehormatan MK.

“Putusan MKMK dapat saja diterima jika prosesnya memang dilakukan secara benar dan adil. Namun, faktanya putusan itu terang-terangan menabrak ketentuan yang berlaku,” lanjutnya.

Pihaknya berkeyakinan Anwar Usman tidak bersalah. Terlebih dengan adanya Putusan MK Nomor 141/PUU-XXI/2023 yang menolak permohonan pengujian kembali Pasal 169 huruf q UU Pemilu pasca Putusan MK Nomor 90/PPU-XXI/2023.

“Artinya putusan 90 tidak cacat hukum, tidak bertentangan dengan UUD 1945. Tidak ada bukti adanya intervensi yang membuat putusan jadi cacat,” jelas Faris.

Ratusan massa yang tergabung dalam Koalisi Aksi Pembela Keadilan melakukan demontrasi dukungan untuk eks Ketua MK Anwar Usman.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close