Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Koalisi Aspirasi Dorong Penyelenggaraan Pilkada Inklusif

Jumat, 26 Juli 2024 – 20:03 WIB
Koalisi Aspirasi Dorong Penyelenggaraan Pilkada Inklusif - JPNN.COM
Direktur Eksekutif SETARA Institute Halili Hasan dalam diskusi virtual, Jumat (26/7). Foto tangkapan layar zoom

jpnn.com, JAKARTA - Koalisi Masyarakat Sipil untuk Transparansi, Inklusi dan Demokrasi (Koalisi Aspirasi), mendorong penyelenggaraan Pilkada inklusif sebagai jembatan bagi pemenuhan hak pilih bagi semua golongan. Hal ini termasuk bagi mereka yang rentan terdiskriminasi.

"Juga memastikan agenda advokasi agar para calon gubernur dan wakil gubernur menjadikan agenda pembangunan inklusi sosial," kata Direktur Eksekutif SETARA Institute Halili Hasan dalam diskusi virtual, Jumat (26/7).

Koalisi Aspirasi terdiri dari SETARA Institute, Transparency Internasional, Aliansi Jurnalis Independen-AJI dan Perludem bersama Koalisi Aspirasi Aceh, Sulawesi Selatan, dan Jawa Barat. 

Tiga perwakilan Koalisi Aspirasi dari tiga provinsi menyampaikan agenda pembangunan inklusi sosial yang memastikan keterlibatan pembangunan kelompok rentan dan terdiskriminasi, juga perlindungan terhadap kelompok rentan terdiskriminasi harus menjadi agenda bersama.

"Perlindungan kelompok disabilitas  dan perlindungan anak menjadi capaian pemerintah daerah yang paling maju, yang diindikasikan dengan regulasi dan program yang memastikan hak mereka," ungkapnya.

Pemajuan kesetaraan perempuan dan keadilan gender masih menjadi pekerjaan rumah. Sementara jaminan kebebasan bagi kelompok agama dan kepercayaan minoritas masih menjadi isu yang mendesak untuk direspons. 

"Isu inklusi masyarakat adat dan ragam gender menjadi yang paling belum memperoleh perhatian," ujar Halili.

Dia mengatakan, Koalisi Aspirasi telah bekerja selama lebih kurang 1 tahun dengan rangkaian kegiatan penguatan kapasitas, training, dialog kebijakan, peningkatan jejaring LSM di daerah, advokasi kebijakan, dan merajut kebersamaan advokasi lintas kelompok minoritas, rentan dan terdiskriminasi. 

Koalisi Aspirasi mendorong penyelenggaraan Pilkada Inklusif agar semua golongan ikut memilih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA