Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Komentari Pengakuan Ismail Bolong, Iwan Sumule: Ikan Busuk dari Kepala

Jumat, 11 November 2022 – 23:12 WIB
Komentari Pengakuan Ismail Bolong, Iwan Sumule: Ikan Busuk dari Kepala - JPNN.COM
Ketua Ketua Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDem) Iwan Sumule (bermasker batik). Foto: dokumentasi JPNN.com/Fransiskus Adryanto Pratama

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDem) Iwan Sumule mendesak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo segera membentuk tim khusus (timsus) guna memeriksa petinggi Bareskrim Polri yang diduga menerima uang setoran bisnis tambang batu bara ilegal dari Ismail Bolong.

Menurut Iwan, ProDem memperoleh informasi tentang polisi berpangkat kombes diduga melakukan obstruction of justice dengan menekan Ismail Bolong yang pernah mengaku menyetorkan uang perlindungan kepada petinggi Bareskrim.

"ProDem mendesak Kapolri Jenderal Listyo Sigit segera membentuk tim khusus untuk melakukan pemeriksaan kepada Komjen AA atas dasar laporan hasil penyelidikan (LHP) Paminal (Pengamanan Internal) Divisi Propam Polri," kata Iwan dalam keterangannya, Jumat (11/11).

Iwan juga mendesak Propam Polri segera menangkap kombes yang telah memaksa Ismail Bolong membuat membuat video testimoni palsu.

Aktivis yang sering bersuara kritis terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu menegaskan Bareskrim Polri adalah bagian dari Kepolisian Republik Indonesia yang berada di garda terdepan dalam penegakan hukum.

Iwan menuturkan jika pati Polri gampang disogok, maka jajaran kepolisian di bawah pun akan sulit memberikan keadilan kepada masyarakat.

"Benar seperti kata pepatah, ikan busuk dari kepala," ucap Iwan.

Sebelumnya, Dugaan suap kepada perwira Polri berpangkat komjen itu mengemuka menyusul video tentang mantan polisi bernama Ismail Bolong yang mengaku menjadi pengepul batu bara dari tambang ilegal di wilayah Kalimantan Timur.

Aktivis prodemokrasi Iwan Sumule mendesak Kapolri membentuk timsus guna memeriksa petinggi Bareskrim Polri yang diduga menerima setoran dari Ismail Bolong.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close