Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Komisi IV DPR: Menkeu Sri Mulyani Keliru Menilai Kontribusi Sektor Kehutanan

Kamis, 30 Juni 2022 – 08:58 WIB
Komisi IV DPR: Menkeu Sri Mulyani Keliru Menilai Kontribusi Sektor Kehutanan - JPNN.COM
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi mengatakan Menteri Keuangan Sri Mulyani keliru dalam melihat kontribusi kehutanan dalam perekonomian sebatas penjualan kayu.

Sebab, efek keberadaan kehutanan ke sektor lain sangat besar.

“Kalau dilihat hanya dari penjualan kayu, maka kontribusi ke perekonomian nasional kecil hanya 0,66 persen dari produk domestik bruto. Padahal riil kontribusi di sektor lain, sangat besar. Itu seharusnya dilihat,” kata Dedi Mulyadi menangapi pernyataan Menkeu Sri Mulyani terkait ekonomi kehutanan di Purwakarta, Rabu (29/6/2022).

Dedi memberikan tanggapan setelah Menkeu Sri Mulyani menyebutkan komposisi sektor kehutanan hanya Rp 5 triliun terhadap PNBP.

Kontribusi itu kecil, kata Sri Mulyani dibandingkan sektor lainnya.

Menurut Dedi Mulyadi, melihat kehutanan jangan hanya dari kaca mata jual kayu. Kehutanan memberikan efek besar atas sektor lain.

Kehutanan memberikan kontribusi penting penyediaan sumber air baku untuk industri, untuk waduk yang menggerkan listrik, industri, perikanan sampai ke sektor wisata

Menurut Dedi, jika semua itu dihitung secara ekonomi, maka nilainya akan sangat besar.  Pegunungan tanpa ada hutan, tidak akan lahir sumber air baku untuk PDAM dan lainnya.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi mengatakan Menkeu Sri Mulyani keliru dalam melihat kontribusi kehutanan dalam perekonomian sebatas penjualan kayu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close