Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Konon Sikap PDIP Ini Bisa Jadi Jebakan Batman untuk Kaesang

Kamis, 22 Agustus 2024 – 08:53 WIB
Konon Sikap PDIP Ini Bisa Jadi Jebakan Batman untuk Kaesang - JPNN.COM
Dokumentasi - Presiden RI Joko Widodo saat bertemu dan minum teh bersama dengan sejumlah pengurus PSI, di antaranya Ketum Kaesang Pangarep, dan sejumlah kader muda PSI di Braga Permai, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (3/2). Ilustrasi : Source for JPNN

jpnn.com - Kolumnis kondang Dahlan Iskan menilai para politisi di Senayan, khususnya di Baleg DPR RI sudah menemukan solusi mengatasi gempa yang episentrumnya di Mahkamah Konstitusi (MK).

Ini soal gempa politik setelah MK memutus dua perkara bernomor 60/PUU-XXII/2024 dan 70/PUU-XXII/2024. Keduanya soal pemilihan kepala daerah (pilkada).

Konon Sikap PDIP Ini Bisa Jadi Jebakan Batman untuk Kaesang

Pagi ini DPR melakukan sidang pleno kilat –disebut kilat karena undangan pleno itu baru ditandatangani kemarin. Ini pasti karena negara dalam keadaan darurat.

Jarak ditandatanganinya undangan dengan jadwal dimulainya rapat pleno tidak sampai 24 jam.

"Pleno hari ini, rasanya Anda pun sudah tahu hasil keputusannya: mengabaikan putusan MK Selasa lalu. DPR akan memutuskan hanya tunduk pada putusan Mahkamah Agung," demikian ditulis Dahlan, Disway edisi Kamis (22/8).

Adapun poin keputusan DPR itu, pertama, umur calon kepala daerah minimal 30 tahun dihitung saat pelantikan –bukan saat pendaftaran calon seperti putusan MK.

Kedua, untuk mengusung calon kepala daerah, partai atau gabungan partai harus memperoleh suara 20 persen seperti yang berlaku selama ini.

Menurut Dahlan Iskan, Boyamin Saiman menyebut sikap PDIP ini bisa menjadi jebakan batman untuk Kaesang Pangarep di Pilkada Jateng.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA