Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Konsep Sinergi, BUMN Dilarang Merugi

Selasa, 04 Mei 2010 – 20:11 WIB
Konsep Sinergi, BUMN Dilarang Merugi - JPNN.COM
JAKARTA- Deputi Menteri BUMN Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, Energi dan Telekomunikasi, Sahala Lumban Gaol menyatakan bahwa konsep sinergi yang diterapkan BUMN tidak boleh menyebabkan kerugian pada BUMN peserta sinergi tersebut.

"Dalam melakukan sinergi antara perusahaan BUMN tentu harus jelas program yang disinergikan dan tolak ukur keberhasilannya, karena dalam melakukan sinergi harus tetap mengacu dan berpedoman pada ketentuan perundangan yang berlaku," kata Lumban Gaol pada Rapat Kerja dengan Komisi VI DPR RI di Gedung DPR, Selasa (4/4)

Dikatakan Lumban Gaol, pendekatan sinergi yang dilakukan adalah Value Chain Approach (pendekatan nilai secara berantai). Dalam pendekatan ini BUMN perlu melakukan sinergi apabila output suatu BUMN dapat menjadi input bagi BUMN lain, dengan Demikian biaya input suatu BUMN akan menjadi sumber pendapatan bagi BUMN lain.

Kemudian pendekatan sinergi lain yang dilakukan adalah Management function approach. Sinergi ini dilakukan tidak hanya terbatas pada output atau produk BUMN, tetapi dapat pula dilakukan pada fungsi-fungsi manajeman seperti bidang produksi, pemasaran, keuangan, dan SDM dengan tujuan untuk meningkatkan pendapatan dan mengurangi biaya.

JAKARTA- Deputi Menteri BUMN Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, Energi dan Telekomunikasi, Sahala Lumban Gaol menyatakan bahwa konsep

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA