Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Konsultan Sebut Mutu Beton Tol MBZ Sudah Sesuai

Sabtu, 01 Juni 2024 – 09:21 WIB
Konsultan Sebut Mutu Beton Tol MBZ Sudah Sesuai - JPNN.COM
Ilustrasi Tol Layang Jakarta-Cikampek atau Tol MBZ. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Utama PT Aria Jasa Reksatama, Moh. Matorurrozak selaku konsultan pengendali mutu independen (PMI), memastikan, mutu beton Jalan Tol Jakarta Cikampek (Japek) II Elevated atau Tol MBZ sudah sesuai berdasarkan data yang diperoleh.

"Pekerjaan kami membantu BUJT (Badan Usaha Jalan Tol) dan BPJT (Badan Pengawas Jalan Tol) untuk memonitor berkala supaya pembangunan sesuai spesifikasi dan RTA (Rencana Teknik Akhir). Berdasarkan data yang diperoleh, mutu sudah sesuai," ujar Matorurrozak saat menjadi saksi dalam sidang dugaan tindak pidana korupsi proyek pembangunan tol MBZ di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (30/5).

Sebagai konsultan PMI, Matorurrozak mengatakan, perusahaannya bertugas untuk memotret keseluruhan pekerjaan yang dilaksanakan dari segi mutu.

Temuan-temuan dalam pengecekan tersebut dilaporkan ke BPJT dan PT Jasamarga Jalan layang Cikampek (JJC) selaku BUJT.

Menurut Matorurrozak, timnya bekerja semaksimal mungkin untuk melakukan pekerjaan tersebut. Selama proses tersebut, memang ada beberapa temuan yang kemudian dilaporkan baik melalui grup di platform pesan instan maupun melalui surat yang dikirimkan oleh leader.

"Setelah bersurat, temuan-temuan dilakukan perbaikan," kata Matorurrozak.

Matorurrozak mengakui, selaku konsultan PMI, pihaknya pernah mengirimkan surat dengan Nomor 0005/MI/PMI-JJC/VII/2017 pada 4 Juli 2017.

Dalam surat tersebut, pihaknya menuliskan mutu slab beton cukup 30 MPa dengan mempertimbangkan bahwa slab dalam hal ini lebih banyak menderita beban lentur daripada beban tekan.

Temuan-temuan dalam pengecekan tersebut dilaporkan ke BPJT dan PT Jasamarga Jalan layang Cikampek (JJC) selaku BUJT.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close