Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

SNI dalam Pemeriksaan Tol MBZ Bukan Produk BSN

Rabu, 29 Mei 2024 – 23:41 WIB
SNI dalam Pemeriksaan Tol MBZ Bukan Produk BSN - JPNN.COM
Ilustrasi Tol Layang Jakarta-Cikampek atau Tol MBZ. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Standardisasi Nasional (BSN) menyampaikan, aturan standardisasi yang digunakan oleh PT Tridi Membran Utama selaku perusahaan yang diminta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk melakukan pemeriksaan fisik terhadap Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Elevated alias Tol Layang MBZ bukanlah produk keluaran lembaga yang berwenang mengeluarkan Standar Nasional Indonesia (SNI) tersebut.

BSN juga menyebutkan, Indonesia saat ini belum memiliki SNI terkait struktur beton dan baja jembatan.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Pengembangan Standar Mekanika, Energi, Infrastruktur, dan Teknologi Informasi BSN Iryana Margahayu, saat bersaksi dalam sidang kasus dugaan korupsi proyek pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II atau Tol MBZ, pada Selasa (28/5).

Dalam dokumen yang dikerjakan oleh PT Tridi Membran Utama, disebutkan bahwa mereka menggunakan aturan SK SNI T12-2004 sebagai acuan pemeriksaan.

Terdakwa Toni Budianto Sihite menanyakan kepada Iryana apakah SK SNI T12-2004 tersebut merupakan produk BSN.

Dalam jawabannya, Iryana mengatakan, SK SNI T12-2004 tersebut bukanlah produk dari BSN.

"Tidak ada penamaan SNI T itu," kata Iryana.

Sebelumnya, dalam sidang dua pekan lalu, Kamis (16/5), Direktur PT Tridi Membran Utama Andi mengatakan, timnya telah diminta BPK untuk memeriksa kondisi fisik proyek Tol MBZ dalam rangka audit. Berdasarkan pengecekan sampel, ditemukan bahwa mutu beton Tol MBZ berada di bawah syarat SNI.(chi/jpnn)

Dalam dokumen yang dikerjakan oleh PT Tridi Membran Utama, disebutkan bahwa mereka menggunakan aturan SK SNI T12-2004 sebagai acuan pemeriksaan.

Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close