Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kota Depok jadi Endemi Kaki Gajah

Lingkungan Buruk, 35 Warga Positif Terjangkiti

Senin, 22 November 2010 – 02:02 WIB
Kota Depok jadi Endemi Kaki Gajah - JPNN.COM
DEPOK - Buruknya kualitas lingkungan di Kota Depok, membuat daerah itu terancam jadi kawasan endemi penyakit kaki gajah (filariasis). Pasalnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mendapati 35 warganya positif terjangkit penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk aedes aegypti yang juga pembawa virus demam berdarah.

Apalagi, penderita kaki gajah itu tersebar merata di 11 kecamatan di wilayah yang dipimpin Walikota Nurmahmudi asal PKS tersebut. Dengan tingkat penyebaran yang tinggi itu membuat Kota Depok bisa dianggap rawan penyakit kaki gajah. ”Penderita kaki gajah bila tidak mendapatkan pengobatan cepat akan cacat permanen,” terang Kepala Dinkes Kota Depok, Hardiono kepada INDOPOS (grup JPNN), Minggu (21/11).

Dia juga mengatakan, cacat permanen itu terjadi  pada pembesaran kaki, lengan, dan alat kelamin. Dengan jumlah puluhan penderita dalam satu waktu, Hardiono memastikan status Kota Depok kategori rawan filariasis. Apalagi, dia mengaku seharusnya, tidak boleh ada warga menderita penyakit ini di Kota Depok yang kini jadi daerah metropolis yang sangat dekat dengan DKI Jakarta.

Seseorang terinfeksi penyakit kaki gajah, ungkapnya lagi, apabila digigit nyamuk yang infketif. Yakni, nyamuk yang membawa larva stadium III. Siklus penularan penyakit kaki gajah itu sendiri melalui dua tahap, pertama perkembangan dalam tubuh nyamuk dan kedua perkembangan dalam tubuh manusia setelah ditularkan. 

DEPOK - Buruknya kualitas lingkungan di Kota Depok, membuat daerah itu terancam jadi kawasan endemi penyakit kaki gajah (filariasis). Pasalnya, Dinas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA