Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

KPAI Beri Rekomendasi untuk Cegah Kekerasan Pelajar, Orang Tua Wajib Tahu

Jumat, 24 Juni 2022 – 19:48 WIB
KPAI Beri Rekomendasi untuk Cegah Kekerasan Pelajar, Orang Tua Wajib Tahu - JPNN.COM
Komisioner KPAI Retno Listyarti memberikan saran untuk mencegah kekerasan pelajar. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) memberikan sejumlah rekomendasi sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan kasus pengeroyokan dan tawuran pelajar.

Komisioner KPAI Retno Listyarti mengatakan pihaknya mendorong para orang tua untuk melakukan pengawasan dan pengasuhan positif kepada anak-anaknya.

Sebab, tawuran kerap terjadi pada malam hari, bahkan dini hari ketika pelajar seharusnya berada di rumah bersama keluarganya.

"Kesalahan anak tidak berdiri sendiri, ada faktor lingkungannya, baik di rumah maupun di pergaulannya sangat berpengaruh terhadap perilaku mereka,” kata Retno, Jumat (14/6).

Dia juga mengimbau orang tua untuk memantau media sosial anaknya secara berkala karena pengeroyokan dan tawuran sering diawali dari perundungan di media sosial.

Selain itu, tawuran juga sering diawali dengan janji temu di media sosial.

KPAI juga mendorong satuan pendidikan untuk membangun sistem pencegahan kekerasan di lingkungan sekolah seperti menyediakan sistem pengaduan kekerasan yang melindungi korban dan saksi.

Sekolah juga dinilai perlu membentuk satuan tugas antikekerasan sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 82 Tahun 2015 tentang pencegahan dan penanggulangan kekerasan di satuan pendidikan.

KPAI memberikan beberapa rekomendasi sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan kasus pengeroyokan dan tawuran pelajar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close