Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

KPK Yakin Harun Masiku Masih Berada di Indonesia

Selasa, 02 Maret 2021 – 13:24 WIB
KPK Yakin Harun Masiku Masih Berada di Indonesia - JPNN.COM
Foto Harun Masiku yang dipajang di daftar buronan KPK. Foto: kpk.go.id

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyampaikan kabar terbaru terkait keberadaan Harun Masiku, tersangka suap terkait penetapan anggota DPR RI terpilih Tahun 2019-2024.

KPK meyakini bahwa mantan caleg PDIP yang sudah masuk daftar pencarian orang (DPO) sejak Januari 2020 itu masih berada di Indonesia.

"Kami meyakini yang bersangkutan masih di dalam negeri kalau sistemnya berjalan dengan baik. Pintu-pintu keluar yang resmi itu kan sudah ditutup," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di gedung KPK, Jakarta, Selasa (2/3).

Mantan hakim ad hoc Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta ini meyakini bahwa Harun Masiku tidak bisa lolos ke luar negeri melalui pintu resmi yang dijaga Imigrasi.

"Kecuali dia kemudian keluarnya lewat pintu-pintu yang tidak terdeteksi seperti perahu kan. Kalau lewat pintu resmi yang dijaga imigrasi tidak akan lolos," lanjut Alex.

Sosok kelahiran Klaten, Jawa Tengah, 26 Februari 1967 itu mengatakan KPK juga telah membentuk satuan tugas (satgas) khusus yang bertugas memburu Harun Masiku bersama enam tersangka lainnya yang telah masuk DPO.

"Kami sudah membentuk satgas khusus untuk pencarian DPO. Kami sudah bentuk dua satgas, karena bukan hanya Harun Masiku yang kami cari tetapi ada yang lainnya. Kami tetap berusaha cari yang bersangkutan," ujar dia.

Alex menambahkanKPK juga telah berkoordinasi dengan Polri untuk memburu para DPO tersebut.

KPK meyakini Harun Masiku masih berada di Indonesia. KPK sudah membentuk satgas untuk menangkap Harun Masiku, termasuk para DPO lainnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close