Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

KPPU Janji Akan Periksa Industri Bandel

Yang Tolak Koreksi Harga

Kamis, 22 Januari 2009 – 08:53 WIB
KPPU Janji Akan Periksa Industri Bandel - JPNN.COM
JAKARTA - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) berjanji akan memeriksa sejumlah sektor industri yang tidak menurunkan harga atau tarif pasca penurunan harga bahan bakar minyak (BBM). Jika itu ada, diduga mereka melakukan praktik kartel atau monopoli.

"Kami akan memeriksa industri komoditas yang tingkat harganya tidak wajar. Harga BBM turun, seyogianya harga komoditas yang lain dan tarif transportasi ikut turun," ujar Ketua KPPU Benny Pasaribu kemarin.

Jika pelaku usaha tidak menurunkan harga atau tarif, itu berarti mereka tidak khawatir terjadi persaingan dengan pelaku usaha lain. Biasanya itu bisa dilakukan jika mereka mendominasi atau menguasai pasar.

Menurut dia, penurunan hBambang Soesatyo juga menyindir belum turunnya tarif angkutan umum.Hal itu mengakibatkan, biaya pengangkutan yang harus dikeluarkan pengusaha untuk menjual produk pertanian dan manufaktur masih tinggi. "Kalau di negara-negara tetangga hanya 8-12 persen dari harga jual, di Indonesia biaya transportasi perdagangan bisa 18-38 persen," ungkapnya.

JAKARTA - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) berjanji akan memeriksa sejumlah sektor industri yang tidak menurunkan harga atau tarif pasca penurunan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA