Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

KPU Minta Parpol Segera Ajukan Rancangan Dapil

Senin, 21 Januari 2013 – 22:00 WIB
KPU Minta Parpol Segera Ajukan Rancangan Dapil - JPNN.COM
JAKARTA – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik meminta partai politik dapat segera mengajukan rancangan Daerah Pemilihan (Dapil) ke KPU Daerah. Langkah ini diperlukan agar KPU dapat segera memutuskan penetapan Dapil untuk DPRD Provinsi, Kabupaten/kota yang direncanakan Maret mendatang.

“Masih ada kesempatan untuk memberikan masukan, silahkan saja disampaikan,” ujarnya di Jakarta, Senin (21/1). Menurutnya, penentuan Dapil untuk pemilihan anggota DPR RI dibagi berdasarkan provinsi, kabupaten/kota, atau gabungan kabupaten/kota.

Sementara untuk DPRD Provinsi, dibagi berdasarkan kabupaten/kota atau gabungan kabupaten/kota. Dan untuk dapil DPRD kabupaten/kota, dapat menggunakan kecamatan atau gabungan kecamatan. “Jadi dapil untuk pemilu 2014 boleh membelah wilayah administratif pemerintahan,” ujarnya.

Husni mencontohkan, jika di satu kota atau kabupaten terdapat alokasi kursi DPRD provinsi melebihi batas maksimal yakni 12 kursi, maka kabupaten/kota tersebut dapat dibelah menjadi dua dapil. Tapi pecahan kabupaten/kota tidak dapat digabung dengan kabupaten/kota lain, kecuali ada satu kabupaten/kota yang tidak dapat berdiri sendiri.

JAKARTA – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik meminta partai politik dapat segera mengajukan rancangan Daerah Pemilihan (Dapil)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA