Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

KPU Tak Layak Gelar Pilkada 2024? Wapres: Yang Kurang Dibetulkan

Selasa, 09 Juli 2024 – 20:46 WIB
KPU Tak Layak Gelar Pilkada 2024? Wapres: Yang Kurang Dibetulkan - JPNN.COM
Wapres Ma'ruf Amin. Foto: Fathan Sinaga/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menilai hal-hal yang kurang dari penyelenggara pemilu saat ini penting untuk segera diperbaiki.

Dia mengatakan hal tersebut menjawab penilaian komisioner KPU tak layak menggelar Pilkada 2024 imbas dari pemecatan Hasyim Asy'ari sebagai anggota maupun ketua KPU oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

"Saya kira dikuatkan saja KPU yang ada dan hal-hal yang masih kurang, ya, dibetulkan, sehingga KPU ini dilengkapi, dikuatkan," ujar Wapres dalam keterangan persnya seusai meresmikan Tol Cimanggis-Cibitung, di Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar), Selasa (9/7).

Wapres pun mempertimbangkan penambahan anggota KPU setelah dipecatnya Hasyim Asy'ari dari jabatannya sebagai Ketua KPU.

Menurut Wapres penyelenggaraan Pilkada serentak adalah yang terpenting.

"Kalau perlu ditambah. Misalnya, ada yang satu keluar, ditambah, tetapi dengan apa yang ada menurut saya penyelenggaraan Pilkadanya lebih penting saja," kata Wapres.

Menurut Wapres KPU merupakan instansi yang bekerja secara tim, bukan per orangan, sehingga saat ada oknum dari instansi tersebut yang tersandung kasus, tidak membuat seluruh lembaga bersalah.

Dia juga mengatakan pilkada merupakan agenda nasional sehingga tidak mungkin membentuk lembaga baru untuk menyelenggarakan pilkada serentak.

Wapres Ma'ruf Amin menilai hal-hal yang kurang dari KPU dibetulkan untuk menjawab penilaian KPU tak layak gelar Pilkada 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close