Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kredit Macet Ancam Perbankan Nasional

Selasa, 11 November 2008 – 18:36 WIB
Kredit Macet Ancam Perbankan Nasional - JPNN.COM
JAKARTA - Perbankan nasional bakal menghadapi situasi yang cukup pelik di tahun depan. Sinyalemen ini mengemuka pada pertemuan antara perhimpunan bank milik negara (Himbara) dengan DPD RI di Senayan, Jakarta (11/11).

Ketua Himbara Agus Martowardojo mengungkapkan, perbankan nasional mesti mewaspadai kemungkinan peningkatan resiko kredit bermasalah (non performing loan/ NPL) akibat turunnya pertumbuhan ekonomi di tahun 2009. "Perbankan harus mewaspadai hal ini karena ekonomi 2009 mengalami penurunan," kata Agus dalam rapat dengar pendapat dengan DPD RI di Senayan, Jakarta.

Dijelaskannya, akibat turunnya pertumbuhan ekonomi yang diprediksi hanya mencapai 5,5 persen,  akan berdampak pada rentannya potensi kredit macet. Meskipun, saat itu diperkirakan inflasi justru akan mengalami penurunan akibat imbas turunnya harga komoditas serta pelemahan rupiah.

Dalam kesempatan tersebut Himbara juga menyampaikan lima rekomendasi kebijakan kepada pemerintah untuk menghadapi krisis finansial global. Rekomendasi tersebut antara lain, pertama, dengan menaikkan penjaminan hingga 100% dan juga memberikan penjaminan untuk pinjaman antara bank. Kedua, soal repo SUN bisa dilakukan ke BI serta adanya fasilitas repo untuk valas. Ketiga, perlu adanya kelongaran Net open posisition (NOP) mulai tahun depan dan terakhir perlunya kelonggaran standard accounting.

JAKARTA - Perbankan nasional bakal menghadapi situasi yang cukup pelik di tahun depan. Sinyalemen ini mengemuka pada pertemuan antara perhimpunan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close