Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kunjungan ke Jepang, LaNyalla Dorong Wacana Sister City Tak Sekadar Bisnis

Sabtu, 27 Mei 2023 – 13:24 WIB
Kunjungan ke Jepang, LaNyalla Dorong Wacana Sister City Tak Sekadar Bisnis - JPNN.COM
Ketua DPD RI LaNyalla Mattalitti dan rombongan senator saat di Jepang. Foto: Tim DPD

jpnn.com - NARA - Ketua DPD RI LaNyalla Mahmud Mattalitti mendorong terwujudnya kerja sama sister city atau sister province antara Indonesia dan Jepang.

LaNyalla menyampaikan hal tersebut saat memimpin delegasi senator bertemu Wali Kota Nara, Nakagawa, dalam kunjungan kerjanya ke Jepang, Jumat (26/5).

Menurut LaNyalla, daerah-daerah di Indonesia memerlukan investasi di berbagai bidang. Salah satu caranya adalah menjalin kerja sama sister city dan sister province dengan Indonesia.

"Tahun 2012 sudah ada wacana untuk menjadikan Kota Nara dan Kota Solo di Jawa Tengah sebagai sister city. Sekarang saatnya dikonkretkan wacana itu, baik dengan Solo maupun dengan kota-kota lainnya di Indonesia, misalnya Yogyakarta, Semarang, atau Surabaya ibu kota Jawa Timur yang saya wakili sebagai senator di DPD RI," ujar LaNyalla.

Tokoh kelahiran Jakarta, 10 Mei 1959 itu menyebutkan bahwa selama ini hubungan Jepang-Indonesia difokuskan hanya pada kemitraan bisnis. Padahal hidup ini bukan hanya urusan bisnis. Kedua negara bisa membangun kemitraan di bidang pengembangan budaya dengan menggunakan teknologi Jepang.

"Misalnya meningkatkan kualitas produk-produk budaya untuk mendukung industri pariwisata, termasuk kerajinan tangan yang dihasilkan oleh industri rumah tangga. Juga membangun situs-situs budaya untuk keperluan ilmiah sekaligus sebagai objek wisata mancanegara. Semua bisa dikerjasamakan dengan memperluas cakupan hubungan bilateral Jepang-Indonesia," katanya.

Untuk bisa memperoleh gambaran seutuhnya tentang pengembangan kerja sama budaya dengan Indonesia, LaNyalla mempersilakan Wali Kota Nara berwisata ke daerah-daerah di Indonesia.

"Kami sudah datang ke sini, sekarang giliran Pak Wali Kota berkeliling ke negeri kami. Para senator yang datang bersama saya ini akan dengan senang hati menyambut Pak Wali Kota di provinsinya masing-masing," kata LaNyalla.

LaNyalla menyebut wacana sister city atau sister province jangan hanya sebatas kemitraan bisnis saja.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close