Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kurs Rupiah Ngeri-Ngeri Sedap, Diprediksi Bisa Makin 'Gila'

Senin, 10 Oktober 2022 – 19:40 WIB
Kurs Rupiah Ngeri-Ngeri Sedap, Diprediksi Bisa Makin 'Gila' - JPNN.COM
Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada hari Senin (10/10) ambrol melemah 67 poin atau 0,44 persen ke posisi Rp 15.318 per USD. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur CELIOS Bhima Yudhistira Adhinegara memprediksi pelemahan rupiah akan berlanjut hingga tahun depan.

Seperti diketahui, nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin (10/10) ambrol melemah 67 poin atau 0,44 persen ke posisi Rp 15.318 per USD.

Menurut Bhima, terdapat tiga faktor utama yang menyebabkan pelemahan nilai tukar rupiah, di antaranya tekanan resesi global menurunkan cadangan devisa, berakhirnya era windfall harga komoditas yang selama ini membantu menjaga stabilitas nilai tukar rupiah.

"Terakhir, pengetatan moneter yang dilakukan negara maju hingga kondisi ekonomi di China sebagai mitra dagang terbesar Indonesia saat ini sedang mengalami slowdown," ujar Bhima saat dikonfirmasi, Senin (10/10).

Bhima mengatakan rupiah akan bergerak direntang Rp 15.300 hingga Rp 16 ribu hingga awal tahun depan.

"Game changer-nya akan bergantung seberapa tinggi suku bunga Bank Indonesia (BI) naik untuk intervensi imbal hasil di pasar surat utang," ungkapnya.

Meskipun demikian, jika BI bisa menaikkan suku bunga acuan hingga menjadi 5,5 persen hingga enam persen, rupiah bisa menguat. Namun, sektor riil akan terpukul kenaikan cost of financing atau biaya pinjaman.

"Harapannya, walau tekanan masih akan cukup tinggi, rupiah bisa lebih stabil. Tekanan saat ini karena adanya kebijakan moneter yang agresif dari The Fed dan ECB sehingga ada ketidakpastian kapan The Fed akan selesai naikkan suku bunga," tegas Bhima.(mcr28/jpnn)

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada hari Senin (10/10) ambrol melemah 67 poin atau 0,44 persen ke posisi Rp 15.318 per USD.

Redaktur : Elvi Robiatul
Reporter : Wenti Ayu Apsari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close