Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kursi Kereta Api Eksekutif Buatan Anak SMK Keren Banget, Harganya Wow!

Sabtu, 16 Desember 2023 – 11:57 WIB
Kursi Kereta Api Eksekutif Buatan Anak SMK Keren Banget, Harganya Wow! - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo meninjau kursi kereta api eksekutif produksi SMKN 2 Salatiga, Jawa Tengah. Foto Humas Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Vokasifest X Festival Kampus Merdeka 2023 besutan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menampilkan produk serta inovasi hasil karya pelajar SMK.

Salah satunya kursi kereta api eksekutif produksi SMKN 2 Salatiga, Jawa Tengah.

Produk salah satu SMK Pusat Keunggulan itu terbukti telah memenuhi kebutuhan industri serta meningkatkan daya saing produk bangsa.

Kursi kereta api produksi siswa SMKN 2 Salatiga juga telah digunakan oleh PT Industri Kereta Api (PT INKA) dan dioperasikan pada rangkaian kereta api eksekutif hingga luxury produksi PT INKA.

“Sampai saat ini, kami sudah membuat dua tipe kursi kereta untuk kelas eksekutif. Untuk tipe yang terbaru sudah dipasang di gerbong kereta Taksaka yang beberapa waktu lalu itu sedang diuji coba,” kata R. Sartono, guru SMKN 2 Salatiga pada Acara Vokasifest X Festival Kampus Merdeka di Jakarta,, baru-baru ini.

Sartono menambahkan pembuatan kursi kereta api untuk kelas eksekutif model terbaru tersebut hampir 100 persen merupakan karya anak bangsa, mulai dari desain, material yang digunakan, hingga pengerjaan yang dilakukan murni oleh anak-anak SMK. 

"Hanya tinggal dua komponen saja yang masih impor, sisanya sudah buatan dalam negeri semua,” ucap Sartono. 

Lebih lanjut, Sartono menuturkan bahwa pembuatan kursi kereta api ini dilakukan secara kolaborasi dengan melibatkan satu politeknik, empat SMK, dan industri D’Tech Engineering yang berperan sebagai supervisi, desain, dan penanggung jawab risiko.

Kursi kereta api eksekutif buatan anak SMK Pusat Keunggulan dihargai tinggi oleh industri dalam hal ini PT INKA.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close