Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Langgar Aturan dari Bu Risma, Masih Ada 260 Masjid yang Gelar Salat Tawarih di Surabaya

Minggu, 10 Mei 2020 – 04:46 WIB
Langgar Aturan dari Bu Risma, Masih Ada 260 Masjid yang Gelar Salat Tawarih di Surabaya - JPNN.COM
Ilustrasi salat tarawih di masjid. Foto : Pojokpitu

jpnn.com, SURABAYA - Warga masih saja ada yang melanggar imbauan pemerintah untuk tidak menjalankan salat tarawih di masjid saat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Surabaya

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPB) Linmas Kota Surabaya Eddy Christijanto, salah satu kegiatan yang masih sering dilakukan oleh para masyarakat Surabaya adalah menggelar salat tarawih dan salat Jumat berjemaah di masjid-masjid di Surabaya.

Menurut data dari BPB Linmas Kota Surabaya, dari 2541 masjid di Kota Surabaya, setidaknya masih ada ada 260 masjid yang melakukan kegiatan salat tarawih dan ada 90-an masjid yang masih menggelar salat Jumat.

Padahal dalam aturan Peraturan Wali Kota Surabaya tentang PSBB yang dikeluarkan Tri Rismaharini alias Bu Risma telah diatur terkait kegiatan sosial keagamaan.

Salah satunya ibadah salat berjemaah di masjid sementara waktu ditiadakan. Bahkan dari MUI pun sudah memberi imbauan untuk tidak melaksanakan salat berjemaah di masjid.

Edy mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi kembali dengan Kemenag Kota Surabaya dan Kemenag Jatim, terkait masjid-masjid yang masih melaksanakan kegiatan ibadah salat tarawih dan salat Jumat berjemaah.

"Kami akan komunikasikan ini dengan Kemenag. Pelanggaran-pelanggaran ini akan menjadi bahan evaluasi kami terkait dengan PSBB Kota Surabaya," kata Eddy.

Lain halnya dengan masjid, Edi mengungkapkan bahwa terkait gereja-gereja di Kota Surabaya, sama sekali tidak ada yang melakukan kegiatan sosial keagamaan berbasis pertemuan. 

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini alias Bu Risma sudah mengeluarkan aturan saat PSBB terkait kegiatan keagamaan termasuk soal salat tarawih di masjid.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Dahlan Iskan

    Jaga Hati

    Rabu, 24 April 2024 – 07:07 WIB
    Jaga Hati - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Zeni

    Sabtu, 13 April 2024 – 08:46 WIB
    Zeni - JPNN.com
  • Hukum

    Kadinkes Sumut Ditahan Jaksa terkait Korupsi APD Rp 24 Miliar

    Rabu, 13 Maret 2024 – 21:13 WIB
    Kadinkes Sumut Ditahan Jaksa terkait Korupsi APD Rp 24 Miliar - JPNN.com
  • Humaniora

    Gegara Banjir Warga Gunakan Perahu ke Surau Untuk Salat Tarawih

    Senin, 11 Maret 2024 – 22:03 WIB
    Gegara Banjir Warga Gunakan Perahu ke Surau Untuk Salat Tarawih - JPNN.com
X Close