Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

LaNyalla: Selangkah Lagi Tanah Surat Ijo Surabaya Tuntas

Kamis, 15 April 2021 – 20:10 WIB
LaNyalla: Selangkah Lagi Tanah Surat Ijo Surabaya Tuntas - JPNN.COM
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti saat memimpin rakor penyelesaian Tanah Surat Ijo Surabaya di Jakarta, Kamis (15/4). Foto: humas DPD RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menyatakan penyelesaian Tanah Surat Ijo Kota Surabaya, Jawa Timur akan segera tuntas.

Hal itu disampaikan LaNyalla setelah memimpin rapat koordinasi Tanah Surat Ijo Surabaya dengan Kementerian ATR /BPN, Kementerian Dalam Negeri, dan Wakil Wali Kota Surabaya Armuji di Jakarta, Kamis (15/4).

"Sudah saatnya negara hadir untuk menyelesaikan konflik Tanah Surat Ijo di Surabaya," kata LaNyalla saat membuka rakor yang dihadiri Ketua Komite I Fachrul Razi, Wakil Ketua Komite II Bustami Zainudin, dan Wakil Ketua BAP Asyera Respati A Wundalero.

Dia meminta para pihak mengedepankan semangat Pancasila, UUD NRI 1945, serta UU Pokok Agraria demi tercapainya implementasi Perpres 26/2018 tentang Reformasi Agraria.

LaNyalla berharap foroum itu menghadirkan solusi, sekaligus memberikan jawaban untuk 46 ribu lebih warga Kota Surabaya di 23 kecamatan yang menghuni Tanah Surat Ijo.

Senator Dapil Jatim itu bersyukur dalam rapat itu semua pihak secara prinsip sudah setuju Tanah Surat Ijo akan dilepas. Baik Kementerian ATR/BPN, Kemendagri maupun Pemkot Surabaya.

"Tinggal satu langkah lagi," ucap LaNyalla usai rakor yang berlaangsung di Ruang Delegasi Pimpinan DPD RI.

Satu langkah yang dimaksud LaNyalla yakni pihaknya akan bersurat kepada Presiden Jokowi untuk mengusulkan rapat rerbatas melibatkan Kementerian ATR/BPN, Kemnedagri, Kejaksaan Agung dan KPK untuk menyepakati payung hukum pelepasan, sekaligus menerbitkan sertifikasi Tanah Surat IJo.

Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mempertemukan pihak kementerian dan Pemkot Surabaya terkait Tanah Surat Ijo pada Kamis (15/4).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close