Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Laporan Terbaru BNPB: Majene Kembali Diguncang Gempa Berkekuatan 5,0 Magnitudo

Sabtu, 16 Januari 2021 – 09:52 WIB
Laporan Terbaru BNPB: Majene Kembali Diguncang Gempa Berkekuatan 5,0 Magnitudo - JPNN.COM
Tim Basarnas Kabupaten Mamuju melakukan evakuasi terhadap korban yang masih ada di reruntuhan bangunan yang rubuh akibat dampak gempa berkekuatan 6,2 magnitudo di Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, Jumat (15/1/2021). Foto: ANTARA/HO-Dokumentasi Basarnas Mamuju.

jpnn.com, JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat gempa berkekuatan 5,0 magnitudo terjadi di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, Sabtu (16/1) pukul 06.32 WIB.

Kejadian itu terjadi setelah di daerah yang sama diguncang gempa berkekuatan 6,2 magnitudo, Jumat (15/1).

Gempa bumi ini dirasakan di daerah Kabupaten Majene III MMI, tetapi berdasarkan permodelan tidak berpotensi tsunami.

"BPBD Kabupaten Majene menginformasikan belum ada laporan terkait dampak gempa yang berpusat di darat 20 km timur laut Majene dan berkedalaman 10 km ini," ujar Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati dalam keterangan resmi kepada awak media, Sabtu.

Lebih lanjut, kata Jati, pihaknya juga telah menerima laporan tentang potensi gempa susulan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Untuk itu, kata dia, BNPB mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan selalu waspada terkait adanya potensi gempa susulan yang berkekuatan signifikan. 

BNPB, kata Jati, juga mengimbau masyarakat yang tinggal di kawasan perbukitan dengan tebing curam untuk waspada terhadap longsoran dan reruntuhan batu.

"Selain itu, bagi yang tinggal di kawasan pantai atau pesisir, diharapkan untuk selalu waspada dan segera menjauhi pantai apabila merasakan adanya gempa susulan," ujar dia.

BNPB, kata Jati, meminta masyarakat dapat mengikuti informasi resmi dan tidak mudah percaya dengan segala informasi yang belum jelas sumbernya. Masyarakat juga diimbau untuk tidak percaya berita bohong atau hoaks atas insiden gempa di Sulawesi Barat.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat gempa berkekuatan 5,0 magnitudo terjadi di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, Sabtu (16/1) pukul 06.32 WIB.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close