Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Latihan Terlalu Ekstrem Bisa Melelahkan Otak

Jumat, 15 November 2019 – 23:29 WIB
Latihan Terlalu Ekstrem Bisa Melelahkan Otak - JPNN.COM
Ilustrasi otak. Foto: Pixabay/JPNN.com

jpnn.com - Olahraga berlebihan bisa melelahkan otak sampai-sampai Anda kesulitan membuat keputusan, hal ini menurut klaim sebuah studi baru.

Temuan menunjukkan bahwa beban latihan yang berlebihan bisa memiliki efek buruk pada otak Anda, menurut para peneliti Prancis.

"Temuan kami menarik perhatian pada fakta bahwa kondisi saraf penting. Anda tidak membuat keputusan yang sama ketika otak Anda dalam kondisi lelah," kata penulis studi, Mathias Pessiglione dari Hopital de la Pitie-Salpitriere di Paris, seperti dilansir laman WebMd, Rabu (6/11).

Untuk penelitian ini, mereka meminta 37 atlet ketahanan pria untuk melanjutkan pelatihan normal atau meningkatkan pelatihan 40 persen sesi selama tiga minggu.

MRI fungsional menunjukkan atlet yang kelebihan beban memiliki respons yang lebih lambat di korteks prefrontal lateral.

Atlet yang berolahraga hingga mencapai titik kelelahan menunjukkan aktivitas yang berkurang di area otak yang penting untuk membuat keputusan, dan mereka tampak lebih impulsif dalam tes yang mengevaluasi pengambilan keputusan keuangan.

"Wilayah prefrontal lateral yang dipengaruhi oleh kelebihan olahraga-pelatihan adalah persis sama yang telah terbukti rentan terhadap kerja kognitif yang berlebihan dalam penelitian kami sebelumnya," jelas Pessiglione.

Area otak ini adalah titik lemah dalam hal kontrol kognitif - kemampuan untuk memproses informasi dan mengontrol perilaku.

Area otak ini merupakan titik lemah dalam hal kontrol kognitif, yakni kemampuan untuk memproses informasi dan mengontrol perilaku.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close