Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lebih Pedas dari Anies, Jubirnya Sebut IKN Cacat Logika

Rabu, 22 November 2023 – 23:53 WIB
Lebih Pedas dari Anies, Jubirnya Sebut IKN Cacat Logika - JPNN.COM
Juru bicara Anies Baswedan, Sulfikar Amir menyebut proyek IKN mengandung cacat logika. Foto: dok pribadi for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Juru bicara Anies Baswedan, Sulfikar Amir menegaskan walaupun IKN bertujuan mewujudkan pemerataan pembangunan yang selama ini masih terkonsentrasi di Pulau Jawa, tapi proyek tersebut memiliki cacat logika.

“Karena pemindahan dan pembangunan ibu kota baru dari Jakarta ke Kalimantan Timur hanya memindahkan titik konsentrasi pembangunan, dan tidak akan memicu pertumbuhan di seluruh wilayah Indonesia,” kata Sulfikar, Rabu (22/11).

Dari pengalaman negara-negara maju di dunia, lanjutnya, pemerataan pembangunan tidak berkorelasi dengan lokasi ibu kota. Karena itu dianggapnya bukan membangun ibu kota baru yang mestinya dilakukan, tetapi membangun kota-kota yang sudah ada diseluruh Indonesia.

Sebelumnya dalam acara dialog terbuka Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Surakarta, Anies menegaskan pembangunan IKN tidak akan menghasilkan pemerataan. Justru membuat ketimpangan dengan daerah sekitarnya.

Dewan Pakar Timnas AMIN ini menjelaskan, program ini yang akan dilakukan kandidatnya jika terpilih nanti. Strategi pemerataan yang akan dilakukan melalui pembangunan setidaknya 14 kota di Indonesia.

Kota kecil ini, ujarnya, akan dibangun menjadi kota menengah, dan kota menengah akan dibangun menjadi kota besar. Misalnya Medan, Palembang, Lampung, Banjarmasin, Makassar, Manado, dan sebagainya.

“Jadi kota-kota ini akan menjadi pusat-pusat pertumbuhan baru yang akan mendorong aktivitas ekonomi secara masif dalam skala nasional,” tuturnya.

Pembangunan urban ini, lanjut dia, mencakup tiga infrastruktur, yakni transportasi publik, sistem pengelolaan air, dan perumahan.

Dari pengalaman negara-negara maju di dunia, ujar jubir Anies Baswedan, pemerataan pembangunan tidak berkorelasi dengan lokasi ibu kota

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close