Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Lebih Transparan, IPO PGE Bisa Membangun Kepercayaan Publik

Kamis, 23 Februari 2023 – 15:10 WIB
Lebih Transparan, IPO PGE Bisa Membangun Kepercayaan Publik - JPNN.COM
PT Pertamina Geothermal Energy (PGE). Foto dok PGE

jpnn.com, JAKARTA - Penawaran perdana saham atau initial public offering (IPO) PT Pertamina Geothermal Energy Tbk, dinilai bisa membangun kepercayaan publik kepada Pemerintah.

Menurut Analis kebijakan publik Universitas Trisakti, Trubus Rahadiansyah, IPO PGE juga bisa membuka kesempatan masyarakat untuk turut mengawasi perusahaan.

“Dengan begitu, IPO PGE ini bisa membangun kepercayaan publik kepada Pemerintah. Tata kelola perusahaan meningkat dan lebih transparan sehingga masyarakat bisa ikut mengawasi. Selain itu, IPO juga mengurangi ketergantungan kepada Penyertaan Modal Negara (PMN),” kata Trubus.

Ketua Umum Asosiasi Analis Kebijakan Indonesia (AAKI) ini menambahkan, ke depan, pola pendanaan melalui IPO juga bisa dilakukan BUMN-BUMN lain, yang saat ini masih menjadi perusahaan tertutup.

“Saya termasuk Tim Penyusun RUU BUMN. Kalau saya lihat, arahnya memang ke sana. Dengan IPO, negara tidak terlalu banyak memberikan PMN, sehingga tidak mengganggu APBN. Intinya adalah kemandirian BUMN,” imbuh Trubus.

Melalui kemandirian tersebut, sambung Trubus, perusahaan bisa menjadi lebih leluasa dan lebih lincah.

Didukung tata kelola yang baik termasuk penerapan prinsip transparansi sebagai mandatori, kinerja BUMN juga semakin meningkat dan bahkan bisa bersaing di tingkat global.

“Ini adalah kemandirian tanpa menghilangkan esensi bahwa PGE adalah perusahaan milik negara, karena saham yang dilepas juga sangat kecil, 25 persen. Sama sekali bukan privatisasi, karena Pertamina masih memegang kendali kebijakan perusahaan. Jadi, ruhnya, perusahaan ini tetap milik negara dengan kepercayaan publik termasuk sense of belonging yang semakin meningkat,” terang Trubus.

IPO PGE juga bisa membuka kesempatan masyarakat untuk turut mengawasi perusahaan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close